Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru

6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru

Keuangan bisa jadi salah satu permasalahan yang rumit untuk diatur dalam memulai kehidupan sebagai pengantin baru. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru yang harus Anda hindari:

1. Tidak Punya Rencana Keuangan Jangka Panjang

Kesalahan pertama yang cukup sering dilakukan oleh pasangan pengantin baru adalah tidak memiliki rencana keuangan jangka panjang. Padahal, perencanaan keuangan jangka panjang itu penting sekali untuk mereka, mulai dari kepemilikan rumah sampai warisan untuk anak-anak kelak.

2. Menghindari Pembicaraan tentang Uang

Kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru yang kedua ialah menghindari pembicaraan yang berhubungan tentang uang. Sebenarnya, ada banyak topik keuangan yang harus dibicarakan dengan serius oleh pengantin baru, seperti hutang dan piutang.

Membicarakan keuangan bersama pasangan akan lebih membantu dalam memprioritaskan kebutuhan apa yang paling penting. Sebaiknya, Anda dan pasangan menjadwalkan pembicaraan tentang keuangan ini secara teratur, misalnya setiap dua minggu atau satu bulan.


3. Berbohong ke Pasangan

Apapun itu, terlebih mengenai keuangan, usahakan untuk tidak berbohong kepada pasangan. Jika Anda membeli suatu barang yang bukan termasuk kebutuhan, maka jujurlah kepada pasangan. Jadi, upayakan sebelum membeli suatu barang diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan agar tidak menimbulkan permasalahan.

4. Tidak Mau Mengatur Anggaran

Kunci keberhasilan finansial adalah anggaran. Besar ataupun kecil penghasilan yang didapat bila tidak punya rencana anggaran yang baik maka akan sulit dalam mencapai kebebasan finansial. Nah, jika Anda menolak untuk membuat anggaran, sangat besar kemungkinan keuangan rumah tangga menjadi kacau balau.

5. Berhutang untuk Bulan Madu

Kesalahan lain dalam mengatur keuangan bagi pasangan pengantin baru ialah berhutang untuk bulan madu. Padahal, hal itu bisa menyebabkan masalah ketika memulai kehidupan rumah tangga, di mana Anda dan pasangan harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar hutang dibandingkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berdua.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan segera menikah, jangan berhutang hanya demi bersenang-senang bulan madu. Jadi, untuk menghindari hal ini, Anda harus menabung dari jauh-jauh hari sebelum menikah supaya keinginan untuk bulan madu bersama pasangan dapat tercapai.


6. Mengabaikan Hutang

Kesalahan selanjutnya dalam mengatur keuangan untuk pasangan pengantin baru yaitu mengabaikan hutang. Kenyataannya, waktu terbaik untuk melunasi hutang adalah ketika masih menjadi pengantin baru, di mana belum banyak kebutuhan yang membutuhkan pengeluaran tambahan seperti memenuhi kebutuhan anak.

Saat masih menjadi pengantin baru, mungkin Anda dan pasangan memiliki pemasukan yang tidak terpakai. Nah, pemasukan tersebut dapat digunakan untuk melunasi hutang yang ada. Setelah semua hutang terlunaskan, Anda dapat mulai menabung untuk masa depan.

Itulah beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru yang cukup sering terjadi. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda dan pasangan sebagai pengantin baru berdiskusi secara serius tentang perencanaan keuangan yang matang.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.