Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing

Perkembangan industri 4.0 menjadi peluang besar untuk para pelaku usaha agar bisa menjalankan bisnisnya lebih mudah dengan dukungan internet. Namun, sebelumnya penting untuk mengetahui terkait contoh bisnis plan digital marketing supaya nantinya Anda bisa menyusunnya dengan baik.

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing yang Efektif

Business plan sendiri merupakan dokumen tertulis yang menggambarkan suatu bisnis secara detail. Hal ini bertujuan untuk mencantumkan target yang ingin diraih. Untuk itu, berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan:

1. Menentukan Target Audience

Sebelum menjalankan bisnis, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target audience. Caranya yaitu dengan menganalisis keadaan geografis, usia, dan cara pengemasan konten yang banyak disukai.

Mengetahui target audience merupakan cara jitu supaya iklan Anda bisa diminati oleh sejumlah kalangan tertentu sesuai dengan targetnya. Sebagai contoh, Anda mempunyai sebuah website tentang pertanian, maka 80% pembacanya adalah para petani.


2. Membangun Website User Friendly

Setelah target audience ditentukan, langkah selanjutnya yaitu membangun sebuah website yang kemungkinan besar bisa diterima oleh user. Mengenai hal ini, konten yang disajikan harus sinkron dengan website tersebut.

Selain itu, buatlah paragraf yang pendek dan perbanyak kata sinonim agar pengunjung lebih mudah menerima dan tidak bosan ketika membacanya. Dengan begitu, user akan tertarik untuk membeli produk Anda.

3. Membuat Content Marketing

Saat membuat konten, Anda perlu mengandalkan kreativitas yang tinggi dan media yang efektif supaya mudah dijangkau dan disukai oleh target market. Sebenarnya, fungsi dari setiap konten yang Anda buat adalah untuk meningkatkan brand awareness.

4. Menggunakan Social Media Marketing

Selanjutnya, Anda mesti merancang strategi promosi yang benar. Nah, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan media sosial. Sejauh ini, media sosial memiliki pengaruh yang besar di dalam kehidupan masyarakat.


Tak ayal, media tersebut sering digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari sosialisasi hingga pemasaran. Oleh karena itu, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan media sosial apa yang cocok untuk branding website.

5. Optimasi SEO untuk Meningkatkan Rating

Search engine optimization (SEO) merupakan indikator terkait banyak atau sedikitnya pengunjung website Anda. Jika menguasai ilmu SEO, maka konten Anda akan berada di halaman pertama Google. Mengenai hal ini, terdapat dua optimasi yang bisa Anda lakukan, yaitu on page dan off page.

6. Penerbitan Iklan Melalui Bantuan Google Ads

Penerbitan iklan terbukti efektif untuk menarik minat target market sehingga bisa meningkatkan pengunjung secara signifikan. Sebelumnya, penting bagi Anda untuk menentukan desain yang tepat, mulai dari pemilihan warna hingga jenis tulisan.

Dalam penerbitan iklan, Anda dianjurkan untuk membuat konten yang memukau supaya dapat menarik perhatian khalayak. Sehubungan dengan hal ini, Anda bisa menggunakan tambahan animasi berupa maskot resmi maupun katalog produk terbaru.


Demikianlah penjelasan tentang contoh bisnis plan digital marketing yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa membuat rancangan bisnis dengan tepat. Hasilnya, usaha Anda pun akan berjalan dengan baik.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.