Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembangkan Bisnis Melalui Blog

Cara Mengembangkan Bisnis Melalui Blog

Di era yang serba digital seperti saat ini banyak sekali pengguna blog atau blogger yang membuat tulisan di blog mereka. Hal ini dilakukan karena kepuasan yang didapat setelah melihat banyaknya orang yang berkunjung ke blog yang mereka miliki.

Aktivitas ini pun dinilai sangat bermanfaat, tidak hanya bagi si pemilik blog tetapi juga para netizen yang lapar akan nutrisi ilmu, seperti resep masakan, informasi bisnis, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan hanya mengunjungi suatu blog tertentu, maka rasa penasarannya pun terobati.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa begitu ramainya traffic yang terjadi di dunia maya, sehingga Anda harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, mari simak beberapa tips agar bisnis Anda bisa maju dengan media blog:

1. Rawat Blog Anda

Lakukan perawatan pada blog Anda secara rutin dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Apabila niche blog Anda tentang kesehatan, maka isilah secara rutin yang sesuai dengan niche tersebut. Jangan pernah sekali-kali mencampuradukkan konten karena akan sulit mendatangkan visitor yang loyal.


2. Menarik Perhatian Pembaca

Pastikan bahwa konten yang Anda publish merupakan konten yang memang dibutuhkan oleh orang banyak, seperti cara menurunkan berat badan, tips strategi pemasaran terbaik untuk bisnis, dan yang semisalnya. Kemudian, lengkapilah konten blog Anda dengan memilih gambar yang tepat agar mampu menarik perhatian para pengunjung.

Konten blog yang seperti itu pastinya akan menarik para pemabaca untuk berlama-lama berada di blog Anda. Nah, ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk melakukan promosi. Jangan lupa untuk menanggapi pertanyaan para pengunjung agar hubungan Anda dengan mereka terjalin dengan baik.

3. Pahami Kompetitor Anda

Mengenai promosi produk, Anda diharuskan untuk mengamati gerak-gerik pesaing Anda. Bagaimana mereka melakukannya, begitu juga Anda akan terapkan. Sebagus apapun produk atau segencar apapun promosi yang Anda lakukan di blog, maka tidak akan efektif jika Anda tidak mempelajari trik apa yang sudah dilakukan oleh para pesaing Anda.

Setelah memperoleh hasilnya, Anda jangan langsung cepat berpuas diri. Teruslah mengasah kemampuan dagang, sehingga Anda memahami makna inovasi dalam berbisnis. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan strategi yang berbeda namun lebih menarik dari kompetitor lainnya.


Penutup

Demikianlah pembahasan tentang cara mengembangkan bisnis melalui blog. Media blog sekarang ini bukanlah sesuatu yang asing lagi untuk dijadikan sebagai sarana promosi nol rupiah. Namun, hanya saja Anda harus menguasai teknik tulisan berbasis SEO demi mendatangkan visitor.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.