Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bisnis yang Dapat Mengatasi Masalah Finansial Pasca Pensiun

7 Bisnis yang Dapat Mengatasi Masalah Finansial Pasca Pensiun

Dengan memiliki bisnis pasca pensiun, itu artinya akan membantu Anda yang hendak pensiun dini agar tidak mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Ada beberapa bisnis yang menguntungkan bagi Anda yang ingin segera pensiun, yaitu:

1. Toko Kelontong

Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah toko yang menjual keperluan sehari-hari. Bisnis ini sangat mudah dan bisa dikelola oleh seorang diri. Risiko yang terjadi juga kecil karena toko kelontong pasti ada saja yang membelinya.

Banyaknya kebutuhan sehari-hari yang setiap saat diperlukan membuat bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin pensiun dini. Juallah terlebih dahulu beberapa keperluan seperti sembako, perlahan Anda bisa menambah jenis barang lainnya yang ingin dijual.

2. Bisnis Kos-Kosan

Bisnis lainnya yang cocok untuk para pensiunan adalah bisnis kos-kosan. Bisnis ini dapat Anda lakukan di mana pun, tetapi lumayan menguras modal dengan jumlah yang relatif besar untuk membuat beberapa kamar yang dibutuhkan.

Apabila Anda mampu membangun bisnis tersebut, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah mencari lahan yang strategis untuk membangun kos-kosan. Sekarang, bisnis ini banyak dilakukan oleh sebagian orang karena penghasilan yang didapat terhitung lumayan.


3. Membuka Tempat Bimbingan Belajar

Jenis bisnis yang berikutnya adalah membuka tempat bimbingan belajar (bimbel). Bisnis ini sangat tepat bagi Anda yang pernah berprofesi sebagai guru atau memiliki pengalaman di bidang mengajar. Anda bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Akhir-akhir ini, jasa bimbel sangat dibutuhkan karena gaya belajarnya yang tergolong santai dan kapasitasnya pun lebih sedikit dibandingkan sekolah pada umumnya. Supaya bisnis Anda direkomendasikan oleh orang-orang, maka tawarkan beberapa program menarik.

4. Rental Mobil

Bisnis yang sangat menguntungkan selanjutnya adalah membuka rental mobil. Saat ini, bisnis tersebut memang menguntungkan dan dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa mendapat penghasilan per jam ketika ada orang yang ingin menyewa mobil.

Biasanya, orang-orang akan lebih memilih untuk menyewa daripada membeli, apalagi mengingat biaya yang digunakan untuk membeli cukup besar. Bisnis ini layak diperhitungkan sebagai opsi bagi Anda yang ingin pensiun dini.

Namun, risiko bisnis rental mobil terbilang besar. Oleh karena itu, beberapa persyaratan ketat pun perlu ditetapkan kepada pelanggan Anda, seperti meminta kartu tanda pengenal dan membuat surat perjanjian sewa yang ditandatangani oleh pelanggan.


5. Properti

Siapa sih yang meragukan akan keuntungan dari bisnis properti? Semua orang pasti tahu bahwa bisnis ini memang menguntungkan karena banyak orang membutuhkannya. Investasi properti juga memiliki kerugian yang sangat minim karena nilai jual tiap tahunnya cenderung meningkat.

Anda dapat menjual kembali properti yang dimiliki dan kemudian memperoleh keuntungan dari harga jual tersebut. Bisnis properti yang bisa Anda jalani terdiri dari bermacam-macam kategorinya, seperti kontrakan, apartemen, dan guest house.

6. Peternakan

Memiliki peternakan juga merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan ketika memutuskan untuk pensiun dini. Anda bisa menjalankan bisnis tersebut mulai dari membeli bebek atau ayam. Modal untuk melakukan bisnis ini tidaklah besar tergantung seberapa banyak ternak yang ingin dijadikan bisnis.

7. Franchise atau Bisnis Waralaba

Bisnis yang menguntungkan terakhir adalah waralaba. Bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu dan modalnya juga tidak terlalu besar. Anda hanya perlu beberapa pegawai untuk mempermudah jalannya bisnis tersebut.

Anda tinggal mengatur mereka sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Bisnis waralaba yang dimaksud di sini adalah bisnis yang menyediakan makanan atau minuman cepat saji, seperti Kebab, Es Capucino Cincau, dan lain sebagainya.


Demikianlah pembahasan tentang 7 bisnis yang dapat mengatasi masalah finansial pasca pensiun. Dengan memiliki bisnis di masa pensiun, menjalani masa tua yang nyaman dan sejahtera bukan lagi angan belaka.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.