Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari 5 Kesalahan Ini agar Anda Sukses Berjualan di Instagram!

Hindari 5 Kesalahan Ini agar Anda Sukses Berjualan di Instagram!

Instagram adalah sebuah media sosial yang saat ini kerap digunakan untuk memulai bisnis. Hal ini disebabkan karena memang ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memulai bisnis di platform tersebut.

Namun, Instagram merupakan jenis media sosial yang sangat sensitif apabila Anda melakukan kesalahan-kesalahan tertentu. Sekali saja Anda melakukan kesalahan, maka dikhawatirkan kelancaran bisnis Anda akan terganggu ketika berselancar di media tersebut.

Anda pasti membutuhkan beberapa cara agar terhindar dari kesalahan yang akan berdampak pada perkembangan bisnis Anda, bukan? Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari kesalahan tersebut?

1. Jangan Gunakan Nama yang Aneh di Instagram Anda

Kesalahan pertama yang tidak boleh sama sekali Anda lakukan adalah menggunakan nama yang aneh. Nama adalah salah satu hal yang sangat penting dalam memulai bisnis di Instagram. Nama akan menjadi sebuah senjata bagi Anda untuk menjaring para konsumen saat mereka memulai pencarian.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan nama yang aneh saat memulai bisnis di Instagram. Selain nama yang aneh, hindari juga menggunakan nama Anda pribadi untuk memulai bisnis.

Hal ini akan membuat nama bisnis Anda tersamar dengan nama lainnya karena nama manusia cenderung banyak memiliki kesamaan. Jadi, Anda bisa menggunakan nama yang unik dan baik. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah menemukan bisnis Anda saat memulai pencarian.

2. Hindari Mengunci Akun Bisnis Anda 

Setelah menetapkan nama untuk akun bisnis, maka kesalahan berikutnya yang perlu Anda hindari adalah mengunci akun bisnis. Mengunci akun Instagram adalah salah satu hal yang paling buruk yang pernah terjadi apabila Anda melakukannya.

Barangkali, Anda akan berpikir bahwa dengan melakukan cara seperti itu mereka akan mem-follow akun Anda. Justru, hal ini sesungguhnya membuat banyak konsumen potensial mungkin malah tidak jadi melihat-lihat produk Anda, sehingga mereka malah membeli di toko sebelah.

Supaya mudah memahaminya, Anda perlu mengetahui bahwa dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah "konsumen itu raja". Maka dari itu, bukalah pintu selebar-lebarnya untuk para pelanggan potensial tersebut agar mereka bisa melihat-lihat produk yang tersedia di akun Instagram Anda.

3. Jangan Membuat Post tanpa Caption

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis online di Instagram mungkin sudah mengerti terkait dengan kedua poin yang telah dijelaskan di atas. Namun, masih juga sering ditemui bahwa sebagian besar dari mereka tidak menggunakan caption pada postingan.

Tidak peduli seberapa menariknya gambar yang Anda buat. Jika gambar tersebut diposting tanpa menggunakan caption, maka apa yang Anda lakukan selama ini akan menjadi sia-sia. Perlu diketahui bahwa Instagram memiliki algoritma untuk membantu Anda agar terhubung dengan orang-orang yang mungkin menjadi konsumen potensial Anda.

Peluang tersebut tidak akan bisa dimanfaatkan bila Anda tidak menyertakan caption pada postingan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi kolom caption jika ingin Instagram membantu meningkatkan engagement dengan calon konsumen.

4. Jangan Mencuri Konten Akun Instagram Orang Lain

Kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan yang paling fatal bagi pebisnis online Instagram. Oleh sebab itu, hindarilah sejauh mungkin meskipun Anda sempat terbesit untuk melakukannya. Jika Anda ingin melakukan repost, maka pastikan untuk selalu memasukkan atribusi yang tepat untuk akun yang fotonya Anda gunakan.

5. Jangan Membeli Follower Instagram

Sejauh ini, Anda telah berada di posisi yang benar bila Anda mampu menghindari semua kesalahan yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, masih saja dari sebagian pelaku bisnis di Instagram yang masih tergoda dengan masalah yang satu ini, yaitu membeli follower agar kelihatan banyak pengikutnya.

Mengembangkan akun bisnis yang Anda miliki di Instagram sudah pasti membutuhkan waktu yang panjang. Janganlah Anda merusaknya dengan hanya karena membeli follower yang pada akhirnya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan halaman populer di explore orang lain.

Penutup

Demikianlah tips menghindari berbagai kesalahan ketika berjualan di Instagram. Sebagian mungkin mudah dijalankan dan sebagian yang lainnya mungkin sulit karena alasan-alasan tertentu. Tapi, memang begitulah yang mestinya diterapkan agar Anda tidak tertimpa masalah berkepanjangan pada akun bisnis Anda di Instagram.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.