Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar Tidak Melarat di Usia Tua

Tips agar Tidak Melarat di Usia Tua

Untuk menjadi seorang yang kaya raya, atau setidaknya tidak melarat di waktu tua, maka ada beberapa hal yang perlu Anda mulai dari sekarang. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan di usia muda yang akan membantu Anda mengumpulkan sedikit demi sedikit uang sebagai pegangan di waktu tua:

1. Hidup dengan Perhitungan

Bukan pelit, tapi perhitungkanlah segala pengeluaran dan sesuaikan dengan pemasukan yang Anda miliki. Setiap orang kaya selalu menghindari untuk mengeluarkan uang berlebihan dengan cara membayar masa depan mereka lebih dahulu.

2. Menghindari Membeli dengan Cara Kredit

Kredit adalah hutang. Apapun bentuk kreditnya, baik itu kredit mobil, kredit rumah atau bahkan penggunaan kartu kredit, janganlah Anda tergiur untuk menggunakannya. Membeli dengan cara kredit membuat Anda merasa memiliki uang dan dimanja.

Pada akhirnya, jika Anda lepas kontrol, maka akan sulit bagi Anda untuk menabung guna memenuhi masa depan kelak. Biasanya, orang kaya memiliki kebiasaan untuk membeli secara cash, bukan kredit. Artinya, mereka membeli ketika mereka mampu, bukan karena membutuhkannya.

3. Mengontrol Emosi

Tidak semua yang ada di pikiran harus dikeluarkan dari perkataan dan tidak semua emosi perlu diekspresikan. Ketika Anda mengatakan apapun yang ada di pikiran Anda, maka kemungkinan Anda akan menyakiti hati orang lain.

Survei membuktikan bahwa mereka yang tidak mudah mengontrol emosi memiliki kesulitan dalam menjaga keuangan mereka. Lebih dari 90% orang yang kaya memiliki kemampuan untuk memfilter emosi mereka.

Sebab, mereka mengerti bahwa emosi dapat menghancurkan relasi, baik itu di tempat kerja atau di rumah. Ketika sedang marah, pastikan Anda menunggu terlebih dahulu hingga perasaan emosi tersebut sudah mulai terkontrol dan biarkan situasi membaik untuk sesaat.

4. Buat Goal Bukan Keinginan

Keinginan adalah salah satu dari apa yang Anda inginkan. Anda tidak akan pernah bisa mengontrol apapun hasil dari keinginan Anda tersebut. Namun, berbeda jika Anda membuat sebuah goal. Orang yang memiliki goal pasti tidak akan memiliki masalah finansial.

5. Hindari Orang yang “Toxic”

Apakah Anda sadar atau tidak, hidup ini sebenarnya sangat ditentukan oleh lingkungan. Anda bisa mencapai level tertinggi tergantung dengan siapa Anda bergaul. Apabila Anda bergaul dengan orang-orang yang sukses, maka kemungkinan untuk sukses akan tinggi.

Hal inilah yang menyebabkan lebih dari 80% orang yang sukses selalu menginginkan untuk bergaul dengan orang yang lebih sukses dari dirinya. Ketika bergaul dengan orang yang lebih sukses, maka wawasan Anda akan menjadi bertambah luas.

6. Buat Investasi

Investasi adalah salah satu hal yang penting. Bagi Anda yang masih awam, maka dari sekarang mulailah mendalami ilmu tentang investasi. Hal ini dapat dilakukan bermula dari membaca lebih banyak dan melakukan lebih banyak.

Perlu ditekankan bahwa investasi tidak hanya dilakukan dengan uang saja, tapi juga dengan pengembangan diri. Jika Anda melakukan investasi pada diri sendiri dan pada akun bank, maka Anda tidak akan mungkin melarat di hari tua.

Penutup

Demikianlah ulasan pada kesempatan kali ini mengenai tips agar tidak melarat di usia tua. Melarat di usia tua merupakan suatu kondisi yang sangat memilukan, bukan? Semoga saja kita semua terselamatkan dari kondisi tersebut.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.