Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperluas Pangsa Pasar ke Luar Negeri

Cara Memperluas Pangsa Pasar ke Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin bisnisnya memperoleh pangsa pasar yang luas? Setelah sukses di dalam negeri pasti tidak sedikit orang yang ingin mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Untuk Anda yang sedang mengincar pasar luar negeri, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan:

1. Kenali Pasar

Bagi Anda yang ingin memulai ekspansi bisnis ke luar negeri, tentu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah target pasarnya. Dengan begitu, Anda dapat memastikan apakah produk tersebut mempunyai nilai jual atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus menetapkan apakah preferensi pasar sesuai dengan produknya. Jadi, Anda perlu memperhatikan dinamika masyarakat, perbedaan budaya, dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kemungkinan apakah produknya diterima oleh pasar atau tidak.

Sebagai contoh, Indonesia merupakan negara tropis. Lalu, Anda menjual produk berupa kaos dengan bahan yang mudah menyerap panas. Pertanyaannya, apakah produk ini akan laku jika dipasarkan di negara yang bermusim dingin?


Tentu saja jawabannya tidak karena kebutuhan dan preferensi dari negara tersebut adalah mencari pakaian hangat. Ini merupakan salah satu contoh sederhana yang mudah dipahami. Di balik itu, masih ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan lagi.

2. Pendekatan Pasar

Setelah menemukan siapa target pasarnya, tahap selanjutnya adalah melakukan pendekatan pasar. Mengenai hal ini, Anda harus mencari tahu bagaimana strategi yang tepat agar produknya bisa laku. Nah, di sini Anda perlu melakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats).

3. Pilih Relasi yang Tepat

Secara rasional, tidak akan mudah bagi sebuah produk yang masih baru untuk melakukan penetrasi pasar. Bagi Anda yang ingin mendapatkan perhatian lebih cepat, sebaiknya menggunakan mitra yang tepat.

Penggunaan relasi yang tepat bisa berupa kerja sama dengan produk populer yang memiliki sifat komplementer dengan produk yang Anda tawarkan. Jika perusahaan Anda memproduksi alat make up, maka carilah produk kosmetik populer yang sesuai dengan alat make up.


Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan influencer untuk melakukan pengiklanan produk. Apabila influencer tersebut berhasil meningkatkan penjualan, maka bisa dijadikan sebagai brand ambassador untuk mempertegas eksistensi bisnis Anda di luar negeri.

4. Perhatikan Peraturan yang Berlaku

Peraturan antarnegara pastilah berbeda-beda. Bagi yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, Anda harus mengetahui terlebih dahulu aturan yang dimiliki oleh negara yang ingin dijadikan sebagai tujuan bisnis.

Pastikan pula bahwa produk Anda aman dan tidak dilarang oleh negara yang bersangkutan. Ini perlu digarisbawahi karena percuma saja kalau Anda sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi pada akhirnya produk tersebut malah ditarik disebabkan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperluas pangsa pasar ke luar negeri. Di tengah perkembangan teknologi sekarang ini, hal lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan pemasaran produk ke luar negeri adalah dengan memanfaatkan kekuatan internet.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.