Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

Seorang pengusaha sukses mampu berpikir dan melihat dunia melalui pola pikirnya sendiri. Biasanya, kebanyakan orang lebih fokus pada masalah, sementara pengusaha sukses justru melihat peluang di tengah-tengah permasalahan.

Ketika orang lain menganggapnya sebagai kegagalan, tapi pengusaha sukses malah melihat adanya sebuah pelajaran yang berharga untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi. Lantas, apa saja kiat sukses menjadi pengusaha?

1. Mengevaluasi Diri

Sebelum menjadi pengusaha sukses, cobalah melihat dan merefleksikan diri sendiri apakah Anda memiliki bekal untuk menjadi pengusaha yang sukses atau tidak. Sebaiknya Anda mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, mulai dari pengetahuan, pengalaman, hingga keterampilan.

2. Menjadi Sosok Proaktif

Setiap orang pasti memiliki banyak ide yang menarik dan unik, tetapi hanya sebagian saja yang mampu merealisasikannya. Seseorang yang memiliki sifat proaktif cenderung mengambil inisiatif. Ketika tidak memiliki peluang, mereka akan terus berusaha untuk mencari peluang yang baru.


Adapun kebalikan dari sifat proaktif ialah reaktif yang mana mereka ini memiliki karakter hanya menanti sesuatu terjadi tanpa tindakan apa pun. Mereka biasanya hanya bereaksi terhadap aksi yang dilakukan oleh orang lain.

Padahal, dengan berpikir lebih proaktif akan memberikan pilihan dan kekuatan untuk diri sendiri. Oleh karena itu, mulailah menjadi pribadi yang proaktif dan tinggalkan sifat reaktif bila Anda memang ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses.

3. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Pola pikir akan berpengaruh terhadap bagaimana cara berpikir seseorang yang pada akhirnya berujung pada tindakan. Tanpa diawali dengan ketepatan pola pikir, Anda selamanya tidak akan pernah melihat peluang yang ada di sekitar.

4. Luangkan Waktu Berpikir Kreatif

Sebelum membangun sebuah bisnis, Anda harus meluangkan waktu sendiri untuk mengundang inspirasi. Kemudian, inspirasi tersebut akan membuahkan kreativitas berupa ide-ide cemerlang yang bisa dikembangkan saat memulai bisnis.


5. Bekerja Sesuai dengan Passion

Tidak sedikit orang kebingungan mencari bisnis yang paling menguntungkan. Padahal, apa pun bisnisnya tentu bisa menguntungkan, asalkan pelakunya serius ketika menjalankan bisnis tersebut baik dalam tindakan maupun komitmen.

6. Berani dalam Mengambil Risiko

Pengusaha sukses tidak menanti kehadiran uang begitu saja dengan berdiam diri. Mereka justru berani mengambil risiko dan bekerja keras untuk mengembangkan kekayaannya. Jika Anda mampu menemukan cara untuk melipatgandakan kekayaan tersebut, maka kesuksesan akan hadir.

Artinya, Anda harus berani melangkah ke depan dan tidak stuck di tempat. Hal yang perlu diingat di sini adalah mengambil risiko tentu bukan berarti harus melangkah tanpa tujuan yang jelas, melainkan Anda telah mengkalkulasikan peluang dan risiko yang ada demi memajukan bisnis.

7. Membuat Tujuan

Sangat jarang kesuksesan seseorang hadir hanya karena kebetulan. Biasanya, kesuksesan hadir diawali dengan tujuan yang benar-benar jelas. Setiap pengusaha sukses selalu mempunyai tujuan untuk mencapai kesuksesan hidupnya dan mereka mengetahuinya dengan jelas.


Demikianlah pembahasan tentang kiat sukses menjadi pengusaha. Hal yang perlu ditekankan di sini adalah menjadi pengusaha sukses tidak dapat terjadi dalam waktu semalam, sehingga Anda harus siap untuk bekerja keras demi mewujudkannya.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.