Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berbisnis Tas Handmade bagi Pemula

Cara Berbisnis Tas Handmade bagi Pemula

Jika Anda mempunyai keahlian menjahit atau merajut, maka jangan sia-siakan karena keahlian tersebut dapat menghasilkan uang, lho! Salah satunya adalah dengan membuat tas handmade. Bagi Anda yang berniat untuk mengomersialkan keahlian tersebut, berikut ini adalah caranya:

1. Pilihlah Bahan yang Unik dan Berkualitas

Alasan yang membuat tas handmade digemari yaitu karena jenis bahan yang digunakan terdiri dari beragam opsi dan menghasilkan produk akhir yang unik. Ada banyak jenis kain yang bisa Anda gunakan, seperti kain perca, kain kanvas, dan sebagainya.

Anda sebaiknya memilih bahan yang sesuai dengan kemampuan. Pastikan pula bahwa Anda sudah menentukan jenis bahan yang akan digunakan. Jadi, pilihlah bahan dengan kualitas terbaik agar produknya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

2. Buatlah Desain yang Menarik

Setelah menentukan bahan yang akan digunakan, sekarang Anda harus menentukan juga desain tas apa yang ingin dibuat. Umumnya, jenis tas handmade yang dibuat adalah hand bag, sling bag, dan tote bag. Sebagai pemula, Anda cukup memulainya dari hal yang sederhana dulu.


Ketika keterampilan Anda sudah mulai terasah, baru kemudian dilanjutkan ke tahap yang lebih rumit. Kunci dari keberhasilan bisnis ini adalah desain yang menarik dan unik agar lebih menyita perhatian publik untuk membeli.

3. Tetapkan Harga yang Bersaing dan Masuk Akal

Langkah berikutnya yaitu menetapkan harga tas handmade yang telah dibuat. Mengenai hal ini, Anda harus menentukan harga yang bersaing dan masuk akal supaya diterima di pasaran. Jika bingung dalam memberikan harga yang sesuai, maka Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Anda perlu mengamati harga produk dengan jenis serupa yang telah banyak dijual di situs online. Setelah itu, Anda memasukkan aspek jenis bahan, kualitas, dan nilai keunikan desain sebagai nilai tambah ke dalam harga produk tas handmade.

4. Promosikan dengan Biaya yang Minimal

Di era sekarang, Anda dapat melakukan upaya promosi produk usaha dengan mudah, bahkan gratis. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial. Media seperti Facebook dan Instagram merupakan platform yang tepat untuk kegiatan promosi produk.


Namun, Anda harus memasang gambar yang jelas dan informasi produk yang lengkap di setiap unggahan produk yang ingin dijual. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform marketplace yang banyak beredar di internet belakangan ini.

5. Mintalah Review atau Testimoni Pembeli

Langkah terakhir dalam berbisnis tas handmade adalah mengunggah berbagai review atau testimoni dari produk yang sudah terjual di media sosial. Ini sangat berguna sekali untuk memberikan kepercayaan kepada calon konsumen.

Oleh karena itu, review produk tidak boleh Anda lupakan. Di platform marketplace, biasanya sudah tersedia menu atau kolom ulasan produk yang telah dibeli. Jadi, pastikan Anda membuat produk tas handmade yang benar-benar bagus, fungsional, dan berkualitas.

Demikianlah informasi mengenai cara berbisnis tas handmade bagi pemula. Bagi yang serius menjalani bisnis ini, Anda bisa menerapkan tips yang tertera di atas sebagai referensi. Poin terpenting di sini adalah gunakan bahan terbaik supaya konsumen Anda merasa puas, okay!
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.