Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis UKM yang Cocok untuk Pegawai

Bisnis UKM yang Cocok untuk Pegawai

Berbisnis sudah menjadi aktivitas umum yang dilakukan oleh banyak orang, baik dalam skala kecil maupun besar. Pelaku bisnisnya pun bisa berasal dari berbagai kalangan, salah satunya adalah pegawai. Menjadi pegawai di sebuah perusahaan tidak menutup kemungkinan untuk berkesempatan berbisnis.

Pegawai yang melakukan kegiatan bisnis, biasanya untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Jika Anda adalah seorang pegawai dan tertarik untuk berbisnis, maka berikut ini adalah bisnis UKM (usaha kecil dan menengah) yang cocok untuk Anda:

1. Bisnis Pakaian

Bisnis pertama yang dapat dilakukan oleh pegawai adalah berbisnis pakaian, seperti baju, celana, dan lain-lain. Bisnis ini masih menjadi bisnis yang menguntungkan karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia.

Anda bisa menjual pakaian yang berfokus pada gender, usia, atau mode tertentu. Contohnya adalah pakaian pria, pakaian bayi, dan sebagainya. Anda juga bisa menjual semua tipe pakaian untuk segala usia dan gender guna meraih lebih banyak keuntungan.

2. Bisnis Sepatu

Selanjutnya, bisnis UKM yang cocok untuk pegawai adalah berbisnis sepatu. Sepatu saat ini tidak hanya sekadar dijadikan sebagai alas kaki, melainkan juga salah satu pernyataan (statement) dari gaya berbusana banyak orang.

Dalam berbisnis sepatu, Anda dapat berfokus pada produksi sepatu formal maupun kasual karena kedua jenis sepatu tersebut sering dicari dan dipakai. Berbisnis sepatu membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, sehingga Anda harus serius jika menggeluti bisnis ini.

3. Bisnis Makanan

Bila Anda suka memasak, maka bisnis makanan adalah bisnis yang tepat. Pastikan Anda menyajikan menu dengan bahan terbaik dan segar. Selain itu, proses memasak dan pengemasannya pun perlu dilakukan dengan higienis.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam menjalankan sebuah bisnis terdapat hal-hal yang harus diperhatikan, apalagi jika Anda merupakan seorang pegawai. Hal pertama adalah kegiatan bisnis yang Anda lakukan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai seorang pegawai.

Ingat, profesi utama Anda yaitu seorang pegawai. Anda mempunyai ikatan kerja dan komitmen untuk berkembang bersama perusahaan di mana Anda bekerja. Nah, saat pekerjaan kantor selesai maka baru kemudian Anda berbisnis.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah lakukan proses bisnis dengan kejujuran. Juallah produk yang berkualitas bagus dan harga yang masuk akal karena ketidakjujuran akan berpengaruh pada reputasi Anda sebagai seorang pebisnis.

Penutup

Hal terakhir yang menjadi fokus dalam bisnis UKM yang cocok untuk pegawai adalah perihal segmen pasar. Jika Anda fokus pada segmen tertentu, maka tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk kegiatan pemasaran karena jangkauan pasarnya memiliki target yang spesifik.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.