Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup?

Apa Saja Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup?

Saat melamar pekerjaan di perusahaan startup, maka kamu akan berpikir bahwa keuntungan bekerja di perusahaan tersebut apa. Ini karena perusahaan startup belumlah menjadi sebuah perusahaan yang besar seperti lainnya.

Namun, itu tidak berlaku bagi beberapa startup yang sudah mulai duluan dan memiliki pasar yang besar. Sayangnya, ini hanya baru sebagian kecil, masih banyak startup yang baru mulai dan belum bisa seperti startup-startup besar tersebut.

Tapi jangan khawatir, justru dengan begitu kamu bisa membangun pengalaman baru bersama perusahaan tersebut. Tentu, nantinya kesan dan pengalamanmu akan berbeda ketika bergabung dengan perusahaan yang sudah lama dibandingkan dengan perusahaan startup yang baru saja memulai bisnisnya.

Dengan begitu, pengalaman yang akan kamu dapatkan benar-benar berharga karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan bekerja seperti itu. Ada berbagai pertimbangan yang bisa kamu jadikan patokan untuk memutuskan bekerja di perusahaan tersebut, yakni apa saja keuntungan bekerja di perusahaan startup?

1. Dituntut untuk Bekerja Lebih Keras Demi Mengembangkan Perusahaan

Kedengarannya memang berat, tapi dari situ kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik dan sangat berharga. Kalaupun kamu nantinya memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan di tempat lain, paling tidak pengalamanmu itu bisa dicantumkan ke dalam portofolio lamaran kerja barumu.

2. Suasana Pekerjaan Tidak Seformal Perusahaan Besar

Perusahaan startup kebanyakan lebih sering membebaskan para karyawannya supaya bisa menggali kreativitas tanpa batas. Dengan begitu, para karyawan tidak memiliki beban ketika bekerja nantinya, sehingga mereka akan lebih mudah menemukan ide-ide yang relevan dengan apa yang sedang dikerjakan.

3. Suasana Kekeluargaan Antarkaryawan

Perusahaan startup biasanya tidak memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak seperti layaknya perusahaan besar. Dengan sedikitnya jumlah karyawan yang bekerja, maka interaksi antara satu dengan lainnya akan lebih dekat.

Selain itu, tingkatan jabatan seolah tidak ada sama sekali karena semua anggota tim adalah sama meskipun memiliki job yang berbeda-beda. Dengan demikian, tidak ada lagi anggapan "ini orang penting atau itu tidak penting" karena semuanya penting dalam perusahaan tersebut.

Hal semacam itu mungkin masih sering terjadi di perusahaan besar, sehingga terkadang pihak perusahaan tergantung pada orang-orang tertentu. Namun, itu berbeda dengan perusahaan startup. Di sana, semua anggota tim dinilai memiliki andil besar dalam kemajuan perusahaan startup itu sendiri.

Jadi, mungkin nanti bisa kebayang kamu akan lebih sering melakukan brainstorming dengan yang lainnya untuk menggali berbagai ide menarik untuk perusahaan startup yang bersangkutan. Di samping itu, sebuah perusahaan startup juga diperkirakan akan menjadi perusahaan yang cukup menjanjikan, baik dalam waktu dekat maupun lama, tergantung dari kinerja perusahaan startup itu sendiri.

Jika bekerja dengan baik, bukan tidak mungkin akan diberi suntikan modal yang lebih besar atau diakuisisi oleh perusahaan besar lainnya. Jadi, jangan khawatir karena justru bekerja di perusahaan startup memiliki peluang yang cukup besar daripada bekerja di perusahaan yang sudah mapan.

Setelah memiliki ilmu atau bekal yang cukup dari situ, kamu pun bisa membuat perusahaan startup sendiri sesuai seleramu. Dari tindakan tersebut, maka kamu sudah memanfaatkan keuntungan bekerja di perusahaan startup yang telah dijelaskan di atas.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.