Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat dari Efek Compounding dalam Investasi!

Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat dari Efek Compounding dalam Investasi!

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan investasi, pastinya akan mempertimbangkan mengenai compounding. Efek compounding pada sebuah investasi merupakan hal penting, terutama jika investasi tersebut dilakukan dalam jangka panjang.

Pengertian Efek Compounding

Efek compounding adalah sebuah kemampuan pada aset untuk dapat menghasilkan keuntungan di kemudian hari agar mampu menghasilkan keuntungan lagi. Ketika seseorang melakukan compounding, efek pendapatan yang akan diperoleh akan lebih besar dari sebelumnya.

Teknik ini disebut dengan istilah "bunga berbunga" atau "bunga bergulung". Tentu saja, ini dilakukan pada jenis investasi yang sama. Apabila diperhatikan secara rinci, maka efek compounding adalah sebagai berikut:
  • Bunga dari hasil compounding akan didapat ketika uang yang dihasilkan dari keuntungan investasi sebelumnya diinvestasikan kembali untuk memperoleh hasil yang lebih.
  • Efek compounding merupakan salah satu cara untuk memenuhi tujuan keuangan yang lebih baik.
  • Apabila Anda melakukan teknik compounding sedini mungkin, maka kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak akan semakin besar.

Umumnya, orang beranggapan bahwa investasi harus menggunakan uang yang besar. Padahal, investasi dapat dilakukan mulai dari hal kecil. Dengan compounding, Anda dapat memperoleh keuntungan berlipat di kemudian hari.


Manfaat Efek Compounding terhadap Investasi

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah mapan. Tentunya ini merupakan anggapan yang salah, justru investasi dilakukan untuk menuju kemapanan.

Anda bisa melakukan investasi sejak dini dengan biaya minimal Rp100.000. Namun, pastikan bahwa dana tersebut termasuk uang dingin atau uang yang tidak digunakan dalam waktu dekat. Nah, investasikan dana tersebut pada jenis investasi yang tepat!

Hasil keuntungan yang diperoleh kelak jangan diambil dulu, melainkan kembali diinvestasikan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Ini dilakukan secara terus-menerus sampai diperkirakan bahwa keuntungannya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Simulasi Manfaat dari Efek Compounding pada Investasi

Sebagai contoh, Anda akan menginvestasikan dana sebesar Rp300.000. Setiap bulannya, Anda akan memperoleh bunga atau keuntungan dari dana investasi awal sebesar 19 persen ditambah jenis investasi yang akan dilakukan adalah jenis investasi per lima tahunan.


Dalam hal ini, Anda secara terus-menerus setiap bulannya mengeluarkan modal yang besarnya sama dengan modal awal. Dalam kurun waktu lima tahun, rumus perhitungannya adalah ‘total uang yang sudah diinvestasikan setiap bulannya selama lima tahun’ ditambah dengan ‘bunga yang didapat’.

Hasilnya adalah future value atau total nilai hasil compounding. Dengan modal Rp300.000 per bulan yang kemudian di-compounding-kan selama lima tahun, totalnya menjadi Rp18.300.000. Sedangkan bunga 19 persen dari modal sebesar Rp12.621.681.

Jadi, total future value (sudah termasuk efek compounding yang dilakukan) adalah sebesar Rp30.921.861 pada tahun ke lima. Oleh karena itu, jelaslah bahwa efek compounding dalam sebuah investasi memang sangat menguntungkan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat efek compounding dalam investasi. Kesimpulannya adalah semakin lama masa investasi Anda, semakin banyak pula kesempatan untuk menikmati keuntungan dari bunga bergulung atau bunga berbunga ini.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.