Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan antara Membuka Bisnis Sendiri dan Membeli Bisnis Franchise

Kelebihan antara Membuka Usaha Sendiri dan Membeli Bisnis Franchise

Bagi Anda yang memiliki modal dan ingin mencoba peruntungan baru terkadang bingung dengan keputusan, apakah akan membuka bisnis sendiri atau membeli bisnis franchise. Keduanya tentu saja mempunyai kelebihannya masing-masing.

Keuntungan Bisnis Franchise

Anda bisa membandingkan terlebih dahulu antara membuka usaha sendiri dan membeli bisnis franchise atau waralaba sebelum memutuskan manakah yang harus dijalani. Keuntungan yang akan didapatkan ketika Anda membeli bisnis waralaba adalah sebagai berikut:

1. Merek Dagang Sudah Diakui

Jika membeli waralaba, maka Anda tidak perlu lagi membuat merek (brand) dagang sendiri dan mengurus semua yang berkaitan dengan merek dagang yang legal. Jadi, Anda sudah bisa langsung fokus ke penjualan tanpa harus membuang waktu untuk memikirkan brand bisnis yang akan digunakan.


2. Mendapatkan Popularitas

Keuntungan ke dua yang perlu Anda ketahui adalah popularitas dari produk waralaba itu sendiri. Anda juga tidak perlu membangun popularitasnya karena produk yang Anda jual secara otomatis mempunyai penggemarnya sendiri.

3. Adanya Training dari Franchisor

Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan bisnis franchise karena setiap pemula dalam bisnis ini biasanya diberikan training dari Franchisor. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang bisnis waralaba yang hendak dijalankan.

Apabila membuka bisnis sendiri, maka Anda harus merancangnya dari nol dan mencoba semuanya sendiri. Saat merintis dari nol, lazimnya seseorang merasa buta karena tidak ada yang mengarahkan langkahnya.


Anda bisa membayangkan ketika membuka bisnis sendiri dari nol. Jelas, Anda harus meracik resep sendiri dengan standar yang terkadang masih kurang. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk berkembang dan berhasil dalam merintis bisnis tersebut.

Kelebihan Membuka Bisnis Sendiri

Lantas, bagaimana dengan bisnis yang Anda rintis sendiri? Apakah ada kelebihan yang Anda dapatkan ketika memilih membangunnya? Nah, Anda bisa simak beberapa kelebihan membuka bisnis sendiri melalui ulasan berikut ini:
  1. Anda bisa mengembangkan ide sendiri tanpa adanya batasan dari franchisor.
  2. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar karena tidak perlu membayar royalti yang mahal.
  3. Tidak ada batas kepemilikan yang membuat Anda terbatas karena diatur oleh perjanjian sebelum membeli bisnis waralaba.

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan antara membuka bisnis sendiri dan membeli bisnis franchise. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa memutuskan sendiri bisnis mana yang akan dipilih. Semoga apa pun itu keputusannya merupakan pilihan yang tepat buat masa depan Anda.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.