Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Personal Branding serta Apa Saja Tujuan dan Manfaatnya?

Apa Itu Personal Branding serta Apa Saja Tujuan dan Manfaatnya?

Personal branding merupakan hal penting yang harus dibangun oleh setiap pebisnis di era digital ini. Sebab, persaingan yang sangat ketat di tengah kemajuan teknologi membuat Anda harus memiliki personal branding agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Brand yang kuat akan menguntungkan Anda karena ini sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya, brand yang kuat dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda, sehingga penjualan pun akan semakin meningkat.

Apa Itu Personal Branding?

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu personal branding. Sederhananya, personal branding adalah cara seseorang untuk mempromosikan diri dan membangun kepercayaan orang lain terhadapnya.

Mungkin Anda sangat familiar dengan merek-merek terkenal, seperti Samsung atau Apple. Sebenarnya, branding itu sendiri juga bisa diterapkan pada diri Anda untuk meningkatkan nilai jual. Jadi, personal branding bisa dikatakan sebagai suatu pembeda antara satu individu dan individu yang lainnya.


Tujuan Personal Branding

Personal branding sering dianggap sebagai suatu kegiatan yang menghabiskan banyak waktu dan tidak penting. Untuk membangun personal branding memang membutuhkan waktu, tetapi hasilnya akan sangat memuaskan dan berdampak besar terhadap karier Anda.

Manfaat Personal Branding

Personal branding tidak hanya diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki bisnis, tetapi juga bagi siapapun yang ingin kariernya cemerlang. Nah, berikut ini akan dipaparkan berbagai manfaat personal branding yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Hal pertama yang bisa didapatkan dari personal branding adalah Anda akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dengan versi diri sendiri. Selain itu, berbagai feedback positif juga akan berdatangan sehingga membuat rasa percaya diri semakin meningkat.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Personal branding juga akan membantu seseorang untuk meningkatkan kredibilitas, sehingga Anda semakin dikenal oleh banyak orang dengan kemampuan yang dimiliki tersebut. Pastinya, ini akan menjadi penilaian yang tinggi bagi orang lain.

Manfaat dari personal branding yang ketiga adalah adanya nilai tambah pada diri Anda terhadap orang lain. Saat mereka membaca resume Anda, maka akan terlampir kepribadian dan track record-nya. Ini tentunya sangat berguna untuk mengais rezeki yang lebih dalam.

4. Memperluas Pergaulan dan Jaringan

Ada manfaat lain dari membangun personal branding, yaitu bertemu dengan orang-orang yang selaras dengan visi dan misi Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang bisa membimbing guna menggali potensi.

5. Paham dengan Kemampuan

Manfaat terakhir dari adanya personal branding adalah mendorong Anda untuk memahami kemampuan yang bisa dikembangkan. Dengan begitu, Anda akan terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan diri agar tidak kalah saing dengan yang lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang tujuan dan manfaat personal branding. Jadi, personal branding bisa dikatakan sesuatu yang melekat pada diri seseorang. Jika Anda ingin dikenal sebagai seseorang yang ahli di bidang tertentu, maka strategi branding merupakan tempat terbaik untuk memulai.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.