Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Meski Bekerja dari Rumah

Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Meski Bekerja dari Rumah

Selama pandemi covid-19, sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah. Tentu saja hal ini menyelisihi kebiasaan, terutama bagi pebisnis yang kerap bergantung pada hubungan profesional. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk memperluas jaringan bisnis walaupun hanya di rumah saja:

1. Jalin Kontak secara Online

Rosina Racioppi mengatakan bahwa berbagai pertemuan yang dilakukan melalui online akan menjadi katalisator jejaring online. Hal ini pun dapat digunakan untuk mengusir rasa kebosanan dan menjalin koneksi walaupun hanya bisa bekerja dari rumah.

Oleh karena itu, Anda jangan pernah merasa takut meminta sudut pandang dari seorang kontak mengenai masalah yang sedang dialami. Ini merupakan saat yang tepat untuk memposting pemikiran dan menciptakan lebih banyak visibilitas bagi Anda pribadi.


Sedangkan Jo Webber mengatakan bahwa memperluas jaringan profesional adalah cara dalam menciptakan visibilitas menjadi lebih besar. Ini penting untuk UKM yang mempunyai fokus lokal, terlebih lagi dunia yang begitu terikat dengan ponsel dan komputer daripada sebelumnya.

2. Melakukan Strategi Digital Marketing

Berjualan secara online, baik melaui media sosial maupun marketplace, pastinya membutuhkan promosi supaya produk Anda bisa semakin dikenal. Untuk itu, lakukan promosi secara tepat dengan melakukan strategi pemasaran modern, yaitu digital marketing.

Digital marketing sendiri memang dikenal sebagai strategi yang begitu efektif untuk membangun brand awareness. Sejauh ini, terdapat dua strategi pemasaran digital yang bisa dipilih, yakni berbayar dan tidak berbayar.


Contoh pemasaran digital yang tidak berbayar adalah membuat konten produk di website, youtube, dan berbagai platform media sosial lainnya. Sementara pemasaran digital yang berbayar ialah memasang iklan, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan berbagai layanan lainnya.

3. Diversifikasi Jaringan Anda

Membangun relasi secara online memang terasa meragukan karena belum tentu akan memperoleh chemistry dengan kontak baru. Oleh sebab itu, Anda harus selalu terhubung dengan beragam orang. Selama masa krisis, orang-orang kemungkinan lebih bersedia untuk membantu.

Jadi, Anda perlu mendiversifikasi jaringan. Anda bisa mencari jejaring yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Jika Anda bekerja di bidang operasional, maka carilah jejaring yang berlatar belakang penjualan atau pemasaran.


Demikianlah pembahasan tentang cara mengembangkan jaringan bisnis meski bekerja dari rumah. Membangun jaringan bisnis tentu perlu dilakukan karena bisa membantu Anda untuk mendapatkan rekan kerja dan klien baru.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.