Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital agar Mampu Bersaing

Pentingnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital agar Mampu Bersaing

Di negara berkembang seperti Indonesia, industri UMKM adalah salah satu tulang punggung dari ekonomi negara. Agar pertumbuhannya terus meningkat, platform digital bagi pelaku UMKM sangatlah penting untuk dikuasai.

Sudah Seharusnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital

Tahukah Anda bahwa pertumbuhan UMKM semakin meningkat setiap tahunnya? Hal ini dikarenakan pertumbuhannya terus didorong oleh berbagai pihak, tidak hanya pemerintah tapi juga lembaga swasta yang seringkali melakukan pembinaan dan pendampingan usaha.

Walaupun begitu, dalam perkembangannya tentu saja tidak lepas dari berbagai masalah. Permasalahan yang umum ditemui adalah banyak di antara pelaku usaha yang masih enggan untuk mengenal teknologi internet guna mengembangkan usahanya.

Seandainya mereka memanfaatkan jaringan internet, maka akan semakin mudah untuk menjangkau target marketnya. Apalagi masyarakat Indonesia sendiri memiliki kreativitas yang beragam sehingga sangat berpotensi untuk membangun UMKM yang mempunyai daya saing tinggi.


Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website penjualan karena banyak startup lokal yang menyediakan layanan pembuatan website dengan harga yang variatif. Jadi, Anda hanya fokus pada produksinya saja.

Kemudian, Anda tinggal memasarkannya melalui website dan media sosial. Berdasarkan hasil riset, masyarakat lebih banyak berbelanja secara daring daripada langsung ke lokasi. Riset tersebut menyatakan bahwa 74,5 persen konsumen lebih memilih berbelanja online daripada offline.

Efek Platform Digital untuk Kemajuan UMKM

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda perlu mengikuti perkembangan informasi saat ini. Anda harus peka terhadap tren dan perkembangan teknologi yang ada. Pastinya, ini sangat berpengaruh terhadap inovasi dari sebuah produk yang akan membuat perusahaan semakin cepat dikenal oleh banyak orang.

Oleh sebab itu, setiap UMKM harus menerapkan platform digital sesegera mungkin di bisnisnya. Pasalnya, penerapan platform digital dalam aktivitas pemasaran dapat memberikan dampak yang positif karena perusahaan bisa memaksimalkan campaign guna memperoleh exposure dan branding.


Sejauh ini sudah tersedia begitu banyak tools yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung kegiatan pemasaran. Tentunya, pemasaran modern tidak hanya bergantung pada media sosial saja, tetapi juga content marketing.

Jadi, setiap perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pembuatan konten yang unik agar dapat menarik perhatian banyak orang. Selain itu, adanya platform digital bagi pelaku UMKM juga akan memudahkan aktivitas operasional perusahaan dan mempercepat proses kerja.

Dengan demikian, pembagian waktu kerja dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis UMKM memang sangat membutuhkan platform digital karena banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya pelaku UMKM menguasai platform digital agar mampu bersaing. Ke depannya, ini menjadi tantangan terbesar bagi seluruh pelaku UMKM dalam melakukan inovasi demi meningkatkan belanja konsumen.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.