Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Skala Prioritas dalam Pekerjaan dengan Mudah

Cara Mengatur Skala Prioritas dalam Pekerjaan dengan Mudah

Bekerja adalah suatu kegiatan rutin. Pekerjaan yang banyak dan menumpuk terkadang sering dirasakan oleh para pekerja. Karyawan yang dapat bekerja dengan baik merupakan mereka yang tahu bagaimana cara mengelola waktu yang tepat agar semua pekerjaan dapat selesai dengan baik dan tepat waktu.

Menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda adalah suatu keharusan. Oleh karenanya, untuk mempermudah menyelesaikan tugas yang menumpuk, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih pekerjaan yang dilakukan terlebih dahulu dan mana pekerjaan yang dapat dilakukan nanti.

Hal ini tentunya akan berdampak pada efisiensi kerja dan juga meningkatkan produktivitas. Pengaturan skala prioritas dalam pekerjaan memang ada tips dan triknya. Berikut in adalah cara mengatur skala prioritas dalam pekerjaan dengan mudah:


1. Membuat Daftar yang Rinci dari Setiap Pekerjaan

Daftar pekerjaan yang rinci akan membuat Anda mudah untuk menelaah kira-kira pekerjaan mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Lebih baik, pekerjaan yang dimasukkan ke dalam list dipilah berdasarkan jangka waktunya.

2. Meletakkan Daftar Pekerjaan pada Tempat yang Mudah Dilihat

Detail pekerjaan yang dibuat daftarnya tadi harus diletakkan pada tempat atau posisi yang mudah Anda lihat. Hal ini bertujuan agar Anda selalu mengingatnya dan mengetahui dengan cepat pekerjaan mana yang perlu dilakukan sekarang.

Anda bisa menempatkannya di smartphone atau layar komputer sehingga dapat dilihat dengan mudah. Menempelkan sticky note pada meja kerja juga bisa membantu Anda untuk mengingat apa saja yang mesti diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu.


3. Mempertimbangkan Pekerjaan yang Dikerjakan

Setiap pekerjaan memiliki bobot, tingkat kesulitan, resiko, kendala, dan tenggang waktu yang berbeda-beda. Ketika ingin menentukan pekerjaan mana yang diprioritaskan, Anda harus mempertimbangkan segalanya dari segi urgensi dan kepentingan.

4. Melakukan Pekerjaan secara Realistis

Pekerjaan yang sudah terdaftar dan dirinci harus direalisasikan sesuai dengan prioritas yang telah direncanakan. Namun, perlu diketahui bahwa dalam memenuhi pekerjaan yang dijadikan prioritas kadang tidak berjalan mulus.

Oleh karenanya, Anda harus mengetahui batasan diri dan menerima kemungkinan yang akan muncul dalam pekerjaan. Untuk itu, tanamkan sikap realistis saat melakukan suatu pekerjaan, sehingga Anda bisa menerima apabila terjadi perubahan prioritas.


5. Melakukan Pekerjaan Seefektif dan Seefisien Mungkin

Untuk mendukung skala prioritas dalam pekerjaan agar berjalan mulus diperlukan etos kerja yang efektif dan efisien. Hal ini harus dilakukan karena masih banyak lagi pekerjaan lain yang menanti setelah pekerjaan yang diprioritaskan selesai.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatur skala prioritas dalam pekerjaan dengan mudah. Tips di atas sangatlah praktis untuk diikuti, sehingga setiap orang pasti bisa melakukannya. Dengan begitu, produktivitas dan kinerja Anda pun dapat meningkat.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.