Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Bisnis Online

10 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Bisnis Online

Di era sekarang, Anda tidak perlu bingung untuk memilih bisnis yang ingin dijalankan. Sejak internet menguasai dunia, bisnis online menjadi sebuah peluang yang sangat menjanjikan. Menurut Setyawati (2016), banyak pengusaha pemula lebih memilih menjalankan bisnis online daripada offline.

Hal tersebut tentu memberi petunjuk bahwa bisnis online memiliki masa depan yang cerah di masa mendatang. Lalu, apakah bisnis online memang pilihan yang tepat? Agar lebih yakin dan mantap dalam menjalankan bisnis melalui internet, Anda patut menyimak beberapa alasan berikut ini:

1. Memiliki Jangkauan Tanpa Batas

Bisnis online memiliki jangkauan pasar yang tidak terbatas. Dalam hal ini, Anda dapat menawarkan produk ke luar kota hingga mancanegara. Jadi, Anda bisa menjual produk sebanyak-banyaknya dan mendapatkan untung lebih besar.

2. Dapat Dimulai dengan Modal Sedikit

Anda tidak memerlukan banyak modal jika menjalankan bisnis online. Hanya bermodalkan komputer atau laptop yang dilengkapi dengan koneksi internet, Anda sudah bisa menjalankannya. Adapun terkait dengan produk yang dijual, Anda bisa menyesuaikannya dengan modal yang seadanya.

3. Bisa Dijalankan oleh Semua Orang

Tidak diragukan lagi bahwa semua orang bisa menjalankan bisnis online, tidak terkecuali Anda. Untuk menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan apa pun. Cukup dengan kegigihan dalam melakukan promosi, Anda berpeluang menguasai pasar dan meraih sukses.


4. Mudah Mendapatkan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis online, Anda tidak perlu bersusah payah mencari pelanggan. Cukup dengan mengiklankan produk secara berkala dan memaksimalkan SEO (search engine optimization), Anda sudah bisa mendapatkan pelanggan.

5. Mudah Membentuk Merek Produk

Membentuk merek merupakan hal yang sangat perlu dilakukan oleh pengusaha. Sebab, terkadang pelanggan membeli produk karena tertarik dengan merek. Dengan menjalankan bisnis online, Anda akan mudah membentuk merek produk sendiri sekaligus memperkenalkannya kepada khalayak ramai.

6. Berkuasa di Pasar

Jika merek produk sudah banyak dipromosikan secara sukarela oleh pelanggan, maka Anda akan menjadi raja (penguasa) di pasar. Apabila sudah menjadi raja di pasar, maka tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis online Anda.

7. Sangat Menguntungkan

Bisnis online sangat menguntungkan karena hemat biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar biaya iklan dan melakukan promosi. Sebab, produk Anda tetap bisa dipromosikan secara gratis di internet.

8. Dapat Menjadi Bos pada Bisnis Sendiri

Pernahkan Anda merasakan nikmatnya menjadi bos? Kalau belum, maka Anda patut segera mencoba menjalankan bisnis online. Dengan begitu, tidak ada lagi orang yang memarahi Anda akibat terlambat menyerahkan pekerjaan.


Anda tinggal duduk manis di depan komputer atau laptop untuk mengiklankan produk. Adapun keperluan untuk membeli barang dari supplier, pengemasan produk, dan pengiriman bisa Anda serahkan kepada anak buah.

9. Bisa Menjadi Diri Sendiri

Ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis online, saat itu juga Anda berkesempatan untuk menjadi diri sendiri. Maksudnya adalah Anda dapat menunjukkan jati diri yang sebenarnya sesuai dengan passion dalam berbisnis.

10. Tidak Mengganggu Pekerjaan Lain

Bisnis online mudah dikelola, sehingga Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan utama. Di bisnis online, aktivitas yang dijalankan hanya sebatas mengiklankan produk di internet. Anda tentu mudah melakukan hal ini di sela-sela kesibukan bekerja, bukan?

Demikianlah uraian tentang 10 alasan mengapa Anda harus memilih bisnis online. Percaya atau tidak, bisnis online menawarkan banyak kemudahan, di antaranya Anda tidak perlu mempunyai toko fisik dan mudah mendatangkan pelanggan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.