Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online

5 Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online

Ketika memutuskan untuk menjalani bisnis online secara serius, Anda pasti akan menemui beberapa kendala yang lebih sulit penanganannya dibanding pada bisnis konvensional. Oleh karena itu, Anda harus memahami penyebab munculnya kendala-kendala tersebut sekaligus cara mengatasinya.

1. Produk Kurang Laku

Hal ini merupakan kendala paling buruk yang pernah dialami oleh semua pebisnis online. Anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan produk kurang laku di pasar internet. Menurut Setyawati (2016), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengapa produk Anda kurang laku, yaitu:

a. SEO Membutuhkan Waktu

Perlu dipahami bahwa SEO (search engine optimization) membutuhkan waktu untuk menayangkan toko online Anda agar tampil di halaman terdepan mesin pencari Google. Oleh sebab itu, Anda mesti menunggu dengan sabar.

b. Toko Online Tidak Terindeks di Google

Dalam hal ini, pelanggan tidak bisa menemukan toko online Anda melalui pencarian di Google. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa toko online Anda menggunakan kata kunci yang tepat sehingga bisa terindeks di Google.

c. Toko Online Anda Menduduki Halaman Google Bagian Belakang

Ini artinya adalah toko online Anda tidak mudah ditemukan di halaman Google. Pelanggan harus membuka beberapa halaman terlebih dahulu supaya bisa menemukan toko online Anda. Oleh karenanya, SEO perlu dimaksimalkan agar toko online Anda bisa tampil di halaman terdepan Google.

d. Promosi Kurang Jelas

Dalam hal ini, promosi yang Anda lakukan kurang menarik. Umumnya, ini terjadi karena kalimat yang digunakan belum mampu memikat hati pelanggan. Jadi, Anda perlu belajar bagaimana caranya membuat kalimat promosi yang menarik, jelas, dan mudah dipahami oleh pelanggan.

e. Penampilan Toko Online Kurang Meyakinkan

Toko online memang berbeda dengan toko biasa yang dirancang khusus untuk menjual produk. Akibatnya, pelanggan yang berkunjung kurang percaya terhadap toko online. Untuk mengatasi hal itu, pastikan bahwa penampilannya harus meyakinkan di mata pelanggan.


f. Harga Terlalu Mahal atau Tidak Wajar

Jika Anda memasang harga yang jauh lebih tinggi dibanding para pesaing, maka pelanggan yang berkunjung tidak akan memberikan respons positif terhadap produk yang dijual. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu sebelum memasang harga.

2. Penipuan dari Pelanggan

Ini sering dialami oleh para pebisnis online pemula karena tidak bertemunya antara penjual dan pembeli secara langsung sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang yang berpura-pura ingin membeli. Awalnya memberi tahu bahwa mereka sudah mentransfer sejumlah uang untuk membeli produk.

Bukti transfer yang dikirim tersebut sebenarnya diketik oleh mereka sendiri. Tidak lama kemudian, mereka menelpon penjual bahwa uang yang ditransfer ternyata lebih dan meminta untuk mentransfer kembali kelebihannya.

Dalam situasi ini, penjual biasanya mengikuti perintah pelanggan sehingga langsung mentransfer sejumlah uang yang diminta. Nah, di sinilah penjual itu tertipu. Kesalahan penjual adalah tidak mengecek terlebih dahulu saldo akhir sebelum mentransfer, apakah bertambah atau masih tetap sama.

Oleh sebab itu, Anda sebagai pebisnis online harus tetap selalu waspada terhadap model penipuan seperti ini. Anda jangan mudah percaya dengan perkataan calon pembeli. Jika tidak, maka Anda sebagai penjual bukannya mendapatkan untung, tetapi malah rugi karena tertipu.

3. Pelanggan Direbut oleh Pesaing

Selain penipuan dari pelanggan, kendala ini juga sangat umum diderita oleh hampir semua pebisnis online, termasuk kalangan senior. Banyak pelanggan yang beralih ke pesaing karena tergiur dengan harganya yang murah.

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu bersaing di harga. Anda sebaiknya fokus pada nilai tambah, misalnya meningkatkan kualitas produk dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Dengan begitu, konsumen akan berlangganan ke toko online Anda meskipun harganya agak sedikit lebih mahal.


4. Citra Toko Online Memburuk

Persoalan citra toko online memburuk sering kali disebabkan oleh pola promosi yang terlalu agresif. Promosi memang harus ditampilkan semenarik dan sebagus mungkin. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan, maka akan bermasalah terhadap citra toko online Anda.

Jadi, Anda harus berhati-hati dalam mempromosikan produk. Anda cukup menjelaskan keunggulan-keunggulan produk yang dikemas dengan kalimat yang menarik dan efektif untuk memikat hati pembeli.

5. Pesanan Membludak sehingga Harus Menolaknya

Persoalan ini sebenarnya tergolong positif. Sebab, toko online Anda mendapatkan banyak pesanan sampai-sampai harus menolaknya karena tidak mampu melayani semua permintaan pelanggan. Apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka citra toko online Anda akan memburuk.

Para pelanggan akan menganggap toko online Anda kurang profesional, sehingga mereka beralih ke toko online milik pesaing. Untuk mengatasi kendala yang semacam ini, Anda perlu mengubah strategi pelayanan pelanggan yang berkaitan dengan pemesanan produk.

Demikianlah ulasan tentang 5 kendala dalam menjalankan bisnis online. Sejauh ini, masih banyak orang yang menganggap remeh bisnis online karena bisnis ini dijalankan melalui internet. Walaupun begitu, bisnis online tidak semudah kelihatannya karena ada berbagai tantangan yang mesti dihadapi.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.