Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Meningkatkan Kualitas Ketenagakerjaan

7 Cara Meningkatkan Kualitas Ketenagakerjaan

Kini, perusahaan besar berlomba-lomba meningkatkan kualitas produksinya. Namun, hal semacam itu akan terwujud apabila tenaga kerjanya diisi oleh manusia-manusia yang berkualitas pula. Lantas, bagaimana caranya?

1. Memberikan Jaminan Gizi dan Fasilitas Kesehatan

Salah satu faktor pendukung agar produk yang dihasilkan menjadi berkualitas adalah dengan memberikan jaminan gizi dan pelayanan kesehatan yang layak bagi para pekerja. Hal ini dilakukan supaya mereka merasakan kenyamanan, sehingga kondisi badan dan pikiran bertambah kuat.

2. Adakan Banyak Kegiatan Seminar tentang Pekerjaan

Setiap manusia mempunyai potensi terpendam di dalam dirinya. Oleh karena itu, Anda harus mengadakan seminar khusus agar potensi mereka muncul. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan pengetahuan baru yang bisa diaplikasikan pada masing-masing bidangnya.

3. Memberikan Pendidikan

Salah satu cara untuk meningkatkan performa tenaga kerja adalah dengan memberikan pendidikan. Anda bisa melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan tertentu, sehingga para karyawan bisa belajar dalam rentang waktu satu atau dua bulan.


Ini merupakan awal untuk meningkatkan bobot para tenaga kerja. Jadi, perusahaan akan sangat diuntungkan di masa depan karena memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Alhasil, produktivitas perusahaan pun akan ikut meningkat.

4. Memberikan Tambahan Bonus

Upaya agar para tenaga kerja bisa bersemangat ketika bekerja adalah dengan memberikan stimulus berupa bonus atau reward. Adapun bonusnya sendiri bermacam-macam, seperti promosi kenaikan pangkat dan pemberian tambahan gaji bagi karyawan yang disiplin.

Dengan begitu, mereka akan senantiasa berlomba-lomba supaya menjadi karyawan terbaik guna memperoleh bonus tersebut. Namun, Anda perlu memberikan himbauan terlebih dahulu agar mereka bersaing secara sehat tanpa saling menjatuhkan.

5. Melakukan Pelatihan Secara Berkala

Cara lain agar tenaga kerja bisa menjadi lebih berkualitas adalah dengan memberlakukan pelatihan secara berkala. Adanya pelatihan dapat meningkatkan keterampilan para karyawan. Pelatihan bisa dimulai dari internal yaitu pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan.


Selain itu, ada juga pelatihan secara eksternal yakni mengundang para ahli. Pada akhirnya, karyawan akan memperoleh wawasan baru yang tentunya sangat berguna bagi masa depan perusahaan dan karyawan itu sendiri.

6. Menanamkan Jiwa Siap Wirausaha

Selanjutnya, cara memotivasi mereka supaya menjadi tenaga kerja yang berbobot adalah dengan meyakinkan diri mereka sendiri. Apa pun yang diperintahkan oleh perusahaan siap untuk diikuti dan bersikap profesional.

Pada diri mereka harus ditanamkan jiwa kewirausahaan yang menekankan pada pentingnya kedisiplinan, keuletan, kerja sama, dan kreativitas dalam bekerja. Dengan begitu, produktivitas akan melesat bagus dan produk yang dihasilkan akan berguna bagi masyarakat.

7. Menghapus Beberapa Aturan yang Menghambat

Salah satu faktor yang menjadikan seorang karyawan lamban saat bekerja adalah karena adanya tekanan. Jadi, Anda mesti menghilangkan peraturan yang menyebabkan kelambanan tersebut yakni dengan memberikan kebebasan dalam berkreasi.


Demikianlah pembahasan tentang 7 cara meningkatkan kualitas ketenagakerjaan. Semua ini tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga karyawan itu sendiri. Perusahaan diuntungkan oleh karyawan yang bermutu, sementara karyawan diuntungkan oleh perlakuan perusahaan yang mendidik.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.