Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beragam Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Beragam Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Seiring dengan berkembangnya zaman, keperluan rumah tangga saat ini mengalami banyak kemajuan. Beragam inovasi alat masak modern yang diperkenalkan kepada publik bertujuan supaya kegiatan masak-memasak menjadi lebih simpel, praktis, dan cepat.

Beberapa Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Hidup berdampingan dengan teknologi menuntut seseorang untuk selalu menggali informasi mengenai perkembangan masa kini, termasuk alat masak itu sendiri. Dengan mengikuti perkembangannya, Anda akan mengetahui banyak hal terkait dengan alat masak modern beserta kegunaannya.

Nah, ini sangat berguna bagi para ibu rumah tangga yang kegiatan sehari-harinya di dapur. Lagi pula, hadirnya teknologi alat masak terbaru dapat membantu Anda dalam hal manajemen waktu yang baik. Untuk itu, berikut ini adalah beragam alat masak modern beserta kegunaannya:

1. Rice Cooker

Sesuai dengan namanya, rice cooker memiliki kegunaan untuk menanak nasi. Populer di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 90-an, alat elektronik ini awalnya hanya memiliki satu fungsi saja. Seiring berjalannya waktu, ada fitur-fitur lain yang menyertainya.

Selain menanak nasi, biasanya rice cooker jenis terbaru juga dapat digunakan sebagai penghangat, pengukus, dan merebus air. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk memasak sayur berkuah, membuat bubur, hingga kue-kue kukus seperti bolu atau bakpao.

2. Blender

Blender merupakan alat elektronik dapur yang berguna untuk menghancurkan bahan makanan. Umumnya, ini lebih populer digunakan untuk membuat jus dan smoothies yang diolah dari buah-buahan dan sayur-sayuran.


Tidak hanya itu, Anda pun bisa menggunakan blender untuk memeras santan. Bahkan, beberapa merek tertentu bisa digunakan untuk menghancurkan es batu sehingga sangat praktis karena banyak hal bisa dilakukan.

3. Food Processor

Sekilas, food processor mirip dengan blender yang digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan makanan. Namun, alat masak modern ini memiliki mata pisau yang lebih banyak, tajam, dan besar, sehingga proses penghalusannya lebih mudah dan cepat.

Food processor berfungsi lebih serbaguna dan diklaim lebih awet dibandingkan blender. Selain untuk menghaluskan bumbu, buah, dan sayur, alat ini juga dapat digunakan untuk menggiling daging. Oleh karena itu, Anda bisa membuat olahan makanan seperti bakso, pempek, dan yang sejenis dengannya.

4. Wajan dan Panci Anti Lengket

Wajan dan panci anti lengket sangat populer di era modern seperti sekarang ini karena memiliki banyak kelebihan. Lazimnya, kedua alat masak tersebut dibuat dari bahan politetrafluoroetilena atau yang biasa dikenal dengan teflon.

Tidak hanya dari teflon saja, wajan dan panci anti lengket ada pula yang terbuat dari bahan keramik, marble, cast iron, hingga stainless steel. Semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sesuai dengan penggunaannya.

5. Microwave

Microwave digunakan untuk menghangatkan makanan seperti lauk pauk, pizza, dan lain-lainnya. Kelebihannya yaitu tidak akan mengubah bentuk, rasa, dan warna makanan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memanggang roti dan memasak mie.


Anda bisa menjumpai microwave di minimarket terdekat yang menyediakan aneka makanan instan seperti mie dan nasi dalam bentuk kemasan. Kekurangan alat ini adalah daya konsumsi listriknya cukup besar sehingga tidak ekonomis bila digunakan dalam waktu yang lama.

6. Oven

Alat masak yang tidak kalah populer di kalangan ibu rumah tangga zaman now adalah oven atau pemanggang. Alat ini tentu saja digunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan, seperti kue kering, roti, bolu, steak daging, ayam panggang, dan masih banyak lagi lainnya.

Berbeda dengan microwave, oven memiliki pengaturan suhu yang lebih tinggi dan waktu yang dibutuhkan untuk memanggangnya sangat lama. Alat ini tidak hanya menggunakan listrik, tetapi juga gas elpiji untuk ditangkringkan di atas kompor.

7. Panci Presto

Alat masak yang terakhir ini mungkin tidak begitu populer digunakan untuk memasak secara mandiri. Namun, di kalangan para pelaku usaha kuliner seperti ayam tulang lunak, bandeng presto, dan sebagainya, panci tersebut sangat berguna.

Kegunaan dari panci presto adalah dapat melunakkan daging hingga ke tulang-tulangnya, baik itu ayam maupun ikan seperti bandeng. Jika Anda memasak ketupat atau lontong dengan alat ini, maka waktu memasaknya akan menjadi lebih singkat.

Demikianlah pembahasan tentang beragam alat masak modern beserta kegunaannya. Sebenarnya, masih banyak lagi alat masak modern yang bisa membantu Anda dalam kegiatan masak-memasak. Di antaranya adalah slow cooker dan food chopper.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.