Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Mobil Listrik dan Perkembangannya di Dunia

Sejarah Mobil Listrik dan Perkembangannya di Dunia

Alat transportasi semakin bertambah dan kian mengalami banyak kemajuan, mulai dari bahan bakar minyak bumi hingga listrik seperti halnya mobil elektrik yang tengah booming dewasa ini. Menariknya, mobil yang berbahan bakar listrik tersebut telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Seluk Beluk Mobil Listrik dan Perkembangannya

Warga Indonesia mungkin masih banyak yang belum mengenal jenis alat transportasi mutakhir ini. Sebelumnya, mobil listrik pernah dipopulerkan oleh Dahlan Iskan selaku Direktur Utama PLN. Adapun informasi lengkapnya mengenai perkembangan mobil listrik dapat Anda simak di bawah ini:

1. Populer dari Abad ke-19

Siapa sangka bahwa mobil yang berisi energi listrik itu sudah ada sejak dua abad silam dan mulai dikenal khalayak umum pada awal abad ke-20. Namun, kepopulerannya meredup seiring ditemukannya alternatif mesin kendaraan dengan bahan bakar minyak bumi (BBM).

2. Dikembangkan oleh Karl Benz

Pada tahun 1885, Karl Friedrich Benz adalah orang pertama yang mengembangkan mobil berbahan bakar listrik. Benz merupakan seorang masinis sekaligus insinyur teknik mesin yang berasal dari Jerman dan juga yang mendirikan perusahaan bernama Benz & Co.


3. Mobil Listrik Pertama di Dunia

Sebelum Karl Benz mengembangkan kendaraan berbahan bakar listrik, Robert Anderson yang merupakan insinyur mesin asal Inggris sudah lebih dahulu menciptakan mobil tiga roda. Penemuannya ini diklaim sebagai mobil listrik pertama di dunia.

Di belahan dunia lainnya, seorang ahli kimia asal Amerika yang bernama William Morisson berhasil membuat mobil berbahan bakar listrik pada tahun 1890. Mobil tersebut mampu menampung enam orang dengan kecepatan 22 kilometer per jam.

4. P1, Mobil Berbahan Bakar Listrik Garapan Porsche

P1 merupakan garapan dari seorang insinyur otomotif berkebangsaan Austria yang berhasil menciptakan kendaraan hybrid pertama di dunia pada tahun 1898. Tak disangka bahwa teknologi yang sangat mutakhir pada transportasi modern ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

5. Perkembangan Mobil Listrik di Abad ke-21

Pada tahun 2009, perusahaan otomotif ternama dunia, yaitu Ford, Nissan, dan Tesla Motors diberi kesempatan untuk mengembangkan alternatif kendaraan yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, Departemen Energi Amerika Serikat meminjamkan modal senilai 8 miliar USD untuk mereka.


Di antara ketiganya yang pertama kali berhasil menciptakan mobil berbahan bakar listrik ialah Nissan. Perusahaan otomotif multinasional asal Jepang ini merilis kendaraan ramah lingkungannya yang diberi nama Leaf dengan kecepatan hingga 114 kilometer per jam.

6. Perkembangannya di Indonesia

Sejak tahun 2012, Indonesia sendiri sudah mulai mengembangkan mobil dengan bahan bakar listrik. Proyek tersebut diprakarsai oleh Dahlan Iskan yang kala itu masih menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan Iskan bekerja sama dengan seorang pemuda cerdas Indonesia yang bernama Ricky Elson.

Bersama Pak Dahlan, pria 40 tahun asal Padang tersebut berhasil menciptakan kendaraan berbahan bakar listrik yang diberi bernama Selo. Singkat cerita, hingga sampai saat ini mobil listrik tersebut dinyatakan gagal uji emisi.

Nah, itulah penjelasan tentang sejarah mobil listrik dan perkembangannya di dunia. Sejauh ini, pengembangan mobil listrik masih berpusat di Amerika Serikat (Tesla), Jepang (Nissan), Tiongkok (Geely), Jerman (Volkswagen), dan Korea Selatan (Hyundai).
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.