Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marketing 4.0! Mengapa Sangat Penting?

Marketing 4.0! Mengapa Sangat Penting?

Dewasa ini, dunia bisnis telah berkembang sangat pesat. Dulunya, kebanyakan orang hanya mengenal marketing 1.0 atau yang dikenal dengan fokus pada penjualan produk saja. Namun, kini ada inovasi lebih baru lagi yang disebut dengan marketing 4.0.

Apa Itu Marketing 4.0?

Marketing 4.0 adalah salah satu pendekatan pemasaran yang memadukan antara interaksi secara online dan offline. Jadi, pelaku bisnis sekarang ini tidak cukup dengan hanya cara offline saja melainkan juga dituntut untuk menguasai media online sebagai sarana marketing.

Hal tersebut bertujuan agar pelanggan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Dalam marketing 4.0, pasar online dan offline justru memiliki perannya masing-masing. Jadi, bukan berarti semakin canggihnya teknologi sehingga pemasaran pun harus dilakukan secara online semata.

Perbedaannya dengan Marketing 1.0 dan Lainnya

Di era yang semakin canggih tentu semuanya dapat dilakukan dengan online, termasuk dalam urusan bisnis. Namun, apa bedanya marketing 4.0 dengan marketing sebelumnya? Dimulai dari marketing 1.0, di mana pebisnis hanya berfokus pada produk tanpa memikirkan kebutuhan konsumen.


Sedangkan marketing 2.0 fokusnya yaitu pada konsumen, di mana para pelaku usaha mulai mengerti bagaimana cara memikat hati konsumen. Sementara marketing 3.0, pelaku bisnis sudah berorientasi pada manusianya, seperti memperhatikan visi, misi, dan value.

Baru-baru ini, marketing 4.0 menggabungkan antara kedekatan customer dan kecanggihan teknologi secara bersamaan. Dengan begitu, perusahaan dapat menjangkau konsumen dengan cara yang lebih manusiawi.

Pentingnya Memahami Big Data Analytics

Dalam marketing 4.0, penting bagi Anda untuk memahami big data analytics. Big data merupakan suatu kumpulan informasi yang terstruktur dengan baik. Jika Anda mampu menganalisisnya, maka proses pengambilan keputusan pun akan lebih mudah.

Big data analytics terdapat lima dimensi data, yaitu volume, variety, velocity, variability, dan complexity. Dari kelima dimensi tersebut, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber di internet secara gratis.


Adapun fungsinya adalah untuk meningkatkan penilaian para pelanggan, menganalisa operasi agar lebih fokus pada data mesin, dan modernisasi dari gudang data. Di era konektivitas seperti sekarang, marketing 4.0 dapat meningkatkan customer engagement, lho!

Bagaimana Cara Menerapkan Marketing 4.0 dengan Efektif?

Cara menerapkan marketing 4.0 secara efektif bisa Anda lakukan dengan sederhana. Jika Anda mempelajarinya, maka bisa bersaing dengan sehat di dunia digital. Lantas, bagaimana cara menerapkan marketing 4.0 yang efektif?

1. Menggunakan Media Pemasaran

Tips yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan seluruh media pemasaran. Dengan banyaknya media saat ini bisa memberikan pengalaman baik bagi para customer, sehingga mereka akan lebih mengenal produk Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memakai media secara online atau offline. Hal tersebut merupakan bagian dari strategi marketing 4.0, yaitu menggunakan integrasi antara style dan substance. Jadi, Anda tidak hanya mengedepankan branding saja, tetapi juga mampu menawarkan konten yang sesuai.


2. Menerapkan Antropologi Digital

Antropologi digital yaitu teknologi yang mampu menyelidiki cara manusia berinteraksi antarmuka secara digital. Proses ini akan memperlihatkan reaksi konsumen dalam konteks teknologi dan bagaimana teknologi digunakan oleh manusia untuk berinteraksi antara satu dan yang lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang pentingnya marketing 4.0 bagi sebuah bisnis. Pada dasarnya, marketing 4.0 terbentuk dikarenakan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga diklaim mampu memicu pemasaran yang lebih efektif.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.