Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Memilih jurusan di universitas memang bukan perkara yang mudah. Jika dilihat dari tren sekarang dan mendatang, maka jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran menjadi pilihan yang tepat karena peluang kerjanya cukup bagus.

Di masa depan, skill pemasaran sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan besar. Sebab, dalam urusan memasarkan produk hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Untuk itu, berikut ini akan dipaparkan mengenai jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran:

1. Public Relations

Senang bertemu orang dan punya jiwa ekstrovert merupakan modal yang sempurna untuk masuk ke jurusan public relations. Anda akan mengetahui banyak sekali ilmu mengenai perilaku konsumen sehingga bisa memperlakukan mereka sesuai dengan karakternya masing-masing.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu heran jika sekarang banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari public relations. Pasalnya, mereka memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan terbaik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

2. Digital Marketing

Tahukah Anda bahwa 50% pemasaran saat ini dilakukan lewat media sosial? Nah, itulah alasannya mengapa jurusan digital marketing disediakan. Jurusan tersebut akan mengajarkan Anda tentang cara mempromosikan sebuah brand melalui media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat.


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, strategi pemasaran yang efektif pun dibutuhkan supaya dapat menyentuh lapisan konsumen yang lebih luas. Selain mengenai teknik pemasaran yang efektif di era digital, Anda juga akan mendalami tentang konsep psikologi, antropologi, dan multimedia.

3. Content Marketing

Apakah Anda ingin memiliki keterampilan dalam membuat konten produk? Nah, Anda bisa mendaftarkan diri ke jurusan content marketing. Dengan begitu, Anda akan mengetahui bagaimana caranya mengelola akun media sosial agar terlihat menarik dan menjual.

Untuk tahun-tahun ke depannya, jurusan yang satu ini diperkirakan akan semakin ramai peminatnya. Sebab, pekerjaan sebagai pembuat konten bersifat fleksibel dan tidak monoton sehingga berkemungkinan besar akan mempengaruhi para generasi muda yang menolak gaya hidup statis.

4. Database Marketing

Membesarkan sebuah bisnis tidak cukup dengan inovasi saja karena memperhatikan manajemen data juga penting untuk dilakukan. Saat ini sudah tersedia jurusan database marketing yang berguna untuk mengelola semua akses informasi dari para pelanggan.

Bagi small business, hal ini tentunya sangat krusial untuk dikedepankan karena pelangganlah yang membuat sebuah bisnis semakin berkembang. Sejatinya, database marketing merupakan ilmu tentang bagaimana cara memberikan perlakuan khusus agar pelanggan merasa spesial.


5. Search Engine Marketing (SEM)

Hampir sama dengan conten marketing, di mana Anda akan memahami cara membuat konten supaya muncul di urutan teratas mesin pencari sesuai dengan kebutuhan user. Dengan begitu, peluang sebuah brand semakin terkenal pun akan semakin besar pula bila Anda sudah tahu kuncinya.

Jika mampu menguasainya, maka tentu saja Anda akan direkrut oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri internet. Oleh sebab itu, jurusan search engine marketing bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan favorit untuk beberapa tahun mendatang.

6. Guerilla Marketing

Terakhir adalah jurusan guerilla marketing. Bidang ini memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Apabila bergabung di jurusan tersebut, maka Anda akan mengerti banyak hal terkait dengan taktik pemasaran.

Adapun taktik pemasaran yang diajarkan yaitu menggunakan strategi interaksi nonkonvensional kepada pelanggan. Dengan menggunakan metode ini, perusahaan akan sangat diuntungkan karena dengan anggaran yang minim dapat menjangkau banyak audiens.

Demikianlah pembahasan tentang jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran. Masing-masing jurusan pastinya punya kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Namun, Anda perlu ingat bahwa persaingan bisnis di era global semakin panas, sehingga skill pemasaran sangat dibutuhkan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.