Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

4 Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Departemen sumber daya manusia (SDM) merupakan departemen layanan yang tugasnya membantu karyawan, manajemen, dan organisasi. Departemen SDM dibentuk untuk menolong unit organisasi lainnya, sehingga semua aktivitasnya boleh disebut sebagai suatu bentuk layanan (Sunyoto, 2014).

Salah satu tugasnya adalah menyuplai alat yang inovaif guna membantu dalam memecahkan masalah SDM serta mendayagunakan kemampuannya. Tujuan manajemen SDM yaitu menyeimbangkan antara tantangan organisasi, fungsi SDM, masyarakat, dan orang-orang yang terpengaruh.

Kegagalan melakukan hal itu dapat merusak kinerja, angka laba, dan bahkan kelangsungan hidup perusahaan. Menurut Simamora (2004), ada empat tujuan manajemen SDM yang bisa Anda simak di bawah ini:

1. Tujuan Sosial

Tujuan sosial manajemen SDM adalah agar organisasi bertanggung jawab secara sosial dan etis terhadap kebutuhan. Oleh karena itu, setiap organisasi bisnis diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat dan membantu untuk memecahkan masalah sosial.

Akhir-akhir ini, beberapa organisasi telah menambahkan tanggung jawab sosial ke dalam tujuan perusahaan. Mereka menghubungkan SDM dengan berbagai program, seperti kesehatan lingkungan, proyek perbaikan lingkungan, serta pelatihan dan pengembangan golongan minoritas.


Laba usaha sering dianggap sebagai satu-satunya motif utama dalam memutar roda bisnis. Meskipun benar bahwa perusahaan tidak akan mampu bertahan tanpa laba, tapi perusahaan seharusnya juga memenuhi kewajibannya terhadap masyarakat.

Jika perusahaan tidak konsisten menciptakan nilai ekonomis sesuai dengan keinginan masyarakat, maka perusahaan tidak akan sanggup bertahan lama di dalam bisnis. Jadi, perusahaan akan efektif selama menjalankan aktivitas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Masyarakat berharap agar perusahaan menyediakan jasa dan produk dengan harga yang wajar, bermutu, pengiriman yang tepat waktu, dan seterusnya. Selain itu, masyarakat juga berharap agar perusahaan mematuhi hukum dan norma moral.

2. Tujuan Organisasional

Tujuan organisasional manajemen sumber daya manusia adalah sasaran formal organisasi yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. Departemen sumber daya manusia dibentuk untuk membantu para manajer mencapai tujuan organisasi.

Departemen sumber daya manusia meningkatkan efektivitas organisasional dengan beberapa cara. Di antaranya adalah meningkatkan produktivitas perusahaan dengan menyediakan tenaga kerja yang terlatih dan termotivasi dengan baik.


3. Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional manajemen SDM merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen SDM pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pemborosan sumber daya akan terjadi jika departemen SDM terlalu canggih atau kurang canggih dibandingkan dengan kebutuhan organisasi.

Departemen SDM harus menghadapi peningkatan kompleksitas pengelolaan sumber daya manusia dengan cara memberikan konsultasi. Departemen SDM juga dituntut untuk menyediakan program-program rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan yang inovatif.

4. Tujuan Pribadi

Tujuan pribadi adalah tujuan individu dari setiap anggota organisasi yang hendak dicapai melalui aktivitasnya di dalam organisasi. Jika tujuan pribadi dan tujuan organisasi tidak cocok atau tidak harmonis, maka karyawan mungkin lebih memilih untuk menarik diri dari perusahaan.

Konflik antara tujuan karyawan dan tujuan organisasi dapat menyebabkan keinginan kerja yang lemah, ketidakhadiran, dan bahkan sabotase. Kalangan karyawan mengharapkan organisasi agar memuaskan kebutuhan mereka terkait dengan pekerjaan.

Para karyawan akan efektif seandainya mereka mencapai tujuan organisasional atau kebutuhan pribadi dalam pekerjaan. Umumnya, pekerjaan tersebut harus bermanfaat dan manusiawi dalam memperkaya pengalaman sehingga dapat memuaskan kebutuhan setiap karyawan.


Jika terdapat ketidakcocokan antara kebutuhan karyawan dan pekerjaan, maka perilaku tidak wajar akan menggejala, seperti pengunduran diri, ketidakhadiran, dan pencurian. Oleh karena itu, aktivitas SDM harus berfokus pada pencapaian keharmonisan antara pengetahuan, kemampuan, dan kebutuhan.

Supaya setiap tujuan perusahaan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja karyawan, tujuan perusahaan harus diterima dulu oleh karyawan. Penerimaan tujuan merupakan prasyarat yang sangat penting demi adanya pengaruh positif terhadap tujuan perusahaan.

Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah membantu para karyawan untuk mencapai tujuan pribadi mereka. Paling tidak, tujuan pribadi tersebut dapat meningkatkan kontribusi para karyawan terhadap organisasi.

Demikianlah pembahasan tentang 4 tujuan manajemen sumber daya manusia. Oleh karena itu, sumber daya manusia harus dikelola dengan sebaik mungkin guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.