Konsep Dasar Pemasaran Holistik

Konsep pemasaran holistik merupakan suatu konsep pemasaran yang cukup populer belakangan ini untuk melakukan promosi pada suatu produk atau jasa. Strategi pemasaran sendiri yaitu salah satu komponen penting dalam menjalankan bisnis.
Pengertian Pemasaran Holistik
Pemasaran holistik adalah jenis pemasaran yang menyatukan antara pengembangan, perancangan, implementasi, dan rangkaian kegiatan pemasaran pada umumnya. Jenis pemasaran ini sering digunakan untuk mengidentifikasi segala bentuk perubahan yang terjadi, baik itu individu ataupun sosial.
Konsep Pemasaran Holistik
Konsep pemasaran holistik memiliki beberapa komponen penting sehingga membuatnya berbeda dengan metode pemasaran yang lainnya. Nah, berikut ini adalah konsep dasar pemasaran holistik yang perlu Anda ketahui:
1. Internal Marketing
Internal marketing memiliki tugas untuk merekrut, melatih, dan memotivasi karyawan supaya bisa melayani konsumen dengan baik. Jadi, perusahaan harus lebih fokus ke dalam perusahaan itu sendiri karena sumber daya yang kompeten merupakan aset perusahaan yang sangat berharga.
2. Performance Marketing
Konsep pemasaran holistik berikutnya adalah performance marketing. Adapun performa yang dinilai di dalamnya meliputi pangsa pasar, kepuasan pelanggan, kualitas produk dan juga hukum sosial, etika, serta lingkungan dari suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.
3. Social Responsibility Marketing
Social responsibility marketing berfokus pada dampak yang ditimbulkan oleh berbagai praktik pemasaran pada masyarakat. Dalam hal ini, perusahaan harus membedakan antara dampak yang ditimbulkan oleh seseorang dan dampak yang ditimbulkan oleh publik.
4. Financial Accountability
Financial accountability adalah kewajiban moral yang melekat pada individu atau kelompok untuk menyebutkan bagaimana dana yang diberikan oleh pihak ketiga. Perusahaan harus bisa menyebutkan bagaimana dana tersebut digunakan dan apa yang telah dicapai sebagai bentuk pertanggungjawaban.
5. Relationship Marketing
Relationship marketing bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang dan mendalam yang saling memuaskan antar berbagai pihak yang berkepentingan demi mempertahankan bisnisnya. Adapun pihak tersebut meliputi pelanggan, pemasok, dan distributor.
6. Integrated Marketing
Integrated marketing digunakan untuk merencanakan kegiatan dan program pemasaran yang terpadu serta bermanfaat untuk konsumen. Dengan kata lain, penerapan aktivitas pemasaran dilakukan secara menyeluruh, meliputi manajemen permintaan, manajemen sumber daya, dan manajemen jaringan.
Cara Melaksanakan Pemasaran Holistik
Setelah mengetahui apa saja konsep dasar pemasaran holistik, selanjutnya Anda harus mengetahui pula bagaimana cara melaksanakan pemasaran tersebut. Untuk itu, berikut ini adalah cara melaksanakan konsep pemasaran holistik yang tepat ke dalam suatu bisnis:
- Membentuk tim: Bentuk tim yang terdiri dari Anda beserta dengan empat atau lima orang lainnya yang bertujuan untuk saling mendukung dan mewujudkan visi misi secara bersama-sama.
- Merumuskan program: Kemudian, mulai rumuskan program yang akan dijalankan dengan cara merincinya lebih jelas.
- Mengkaji kebutuhan: Lanjutkan dengan mengkaji semua kebutuhan, seperti sumber dana, harga, dan lain sebagainya secara rinci agar tidak bingung di kemudian hari.
- Mengidentifikasi keterlibatan lingkungan: Konsep pemasaran holistik membutuhkan proses identifikasi yang mendalam karena akan melibatkan lingkungan dalam proses penerapannya.
- Mengawasi dan mengevaluasi jalannya pemasaran: Jangan lupa untuk selalu melakukan pengawasan dan evaluasi, sehingga setiap risiko dan kendala bisa langsung diketahui.
Demikianlah pembahasan tentang konsep dasar pemasaran holistik. Sebagai seorang pebisnis, sebaiknya Anda memahami konsep pemasaran holistik supaya bisa diterapkan ke dalam aktivitas bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan berkembang dengan lebih baik lagi ke depannya.