Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Elemen Strategi Pemasaran?

Apa Saja Elemen Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran sangatlah penting bagi suatu bisnis. Itulah mengapa sebagian besar pelaku bisnis selalu berupaya keras dalam memasarkan produknya. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja elemen strategi pemasaran, maka simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui arti dari strategi pemasaran terlebih dahulu. Strategi pemasaran ini merupakan upaya yang perlu dilakukan saat memasarkan produk atau jasanya kepada konsumen.

Tentu saja cara untuk memperjual belikan produk atau jasa ini dilakukan berdasarkan rencana yang matang. Jadi, kegiatan pemasaran ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena semuanya butuh proses. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan yang semakin tinggi.

Strategi marketing ini selalu menjadi salah satu rentetan usaha yang dilakukan demi mencapai sebuah tujuan tertentu. Strategi pemasaran sendiri juga disebut sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Beberapa Jenis Elemen Strategi Marketing

Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa strategi marketing ini termasuk ke dalam salah satu rangkaian usaha yang seringkali dilakukan demi mencapai suatu tujuan tertentu. Tidak hanya untuk usaha kecil saja, melainkan usaha besar pun juga memerlukannya.

1. Produk

Salah satu elemen yang paling penting dalam pengembangan strategi marketing, yaitu produk. Tentu saja hal ini sangatlah penting karena satu-satunya alasan mengapa Anda harus terjun ke dalam dunia perdagangan.

Bahkan, sebelum menyusun strategi marketing, Anda harus memastikan bahwa produk tersebut memiliki kualitas dan manfaat yang baik. Dengan begitu, Anda akan memahami apa saja yang menjadi kelebihan dari produk tersebut, sehingga bisa dijadikan sebagai senjata ampuh saat melakukan promosi.

2. Pelanggan

Selain produk, elemen penting dalam pengembangan strategi marketing selanjutnya adalah pelanggan. Sebelum melakukan kegiatan perdagangan, ketahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik, sifat, dan perilaku konsumen Anda.

Dengan cara seperti itu, Anda akan mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan, sehingga Anda bisa memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Alhasil, mereka pun akan senang dan bersedia kembali lagi karena apa yang diinginkan telah terpenuhi.

3. Pesan

Pesan atau komunikasi tentu sangatlah penting dalam menjalankan sebuah strategi marketing. Berdasarkan hasil riset, 57% konsumen merasa percaya ketika mereka terhubung secara emosional dengan suatu brand.

Tentunya, koneksi emosional tersebut dibangun melalui pesan yang Anda sampaikan terkait produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pesannya harus dibuat secara naratif karena narasi merupakan cara termudah untuk membuat pelanggan terhubung dengan produk Anda.

Mengenai hal ini, Anda bisa mencoba untuk menuliskan artikel informatif yang relevan dengan produk Anda di blog. Namun, jangan lupa pula mengoptimasikannya dengan SEO pada saat proses penulisan artikel supaya blog Anda mudah ditemukan di mesin pencarian.

4. Tim Pemasaran

Dalam upaya mengembangkan dan juga mempromosikan suatu produk usaha, tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Oleh karena itu, Anda membutuhkan yang namanya kerja sama dari sebuah tim.

Mereka yang bertugas haruslah menjadi jembatan antara penjualan, pemasaran, metode, dan pengembangannya. Jadi, sebelum menjalankan suatu tujuan usaha, ada baiknya bila Anda membuat sebuah perencanaan dan roadmap terhadap produk terlebih dahulu supaya tim yang terlibat bisa bekerja secara seirama dan bersinergi.

5. Promosi

Promosi juga merupakan salah satu strategi marketing yang perlu Anda perhatikan karena hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan dari suatu penjualan produk atau jasa. Perencanaan promosi harus mampu menyampaikan produk secara lengkap kepada para calon konsumen di luar sana.

Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan sedikit riset sebelum menjalani promosi. Biasanya, jika sudah melakukan riset, maka akan lebih mudah mengkolaborasikan keadaan saat itu dengan keunggulan produk.

6. Analisis

Anda tidak bisa berharap begitu saja bahwa strategi pemasaran produk tersebut akan berhasil dengan sempurna. Kemungkinan terburuk atau risiko kegagalan haruslah dipertimbangkan. Semua hal yang menyangkut dengan bisnis harus melewati riset atau analisis secara mendalam.

Setelah Anda menerapkan rencana promosi dan produknya telah dipasarkan, maka Anda perlu mer-review untuk mengetahui seberapa sukses strategi tersebut. Anda harus perhatikan baik-baik di mana titik kesalahan yang mungkin terjadi agar strategi ke depannya bisa disesuaikan dengan hasil analisis yang telah dipelajari.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang elemen strategi pemasaran. Dalam pengembangan bisnis, tim dan pemilik harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu membangun strategi pemasaran dengan tim yang solid dan perencanaan yang matang.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.