Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Pengujian Kruskall Wallis

Situs Ekonomi - Pengujian ini merupakan pengembangan dari model Mann Whitney Test. Pengujian ini digunakan untuk membandingkan dua atau lebih dari nilai rata-rata populasi secara bersamaan (Supangat, 2007: 380).

Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk melihat apakah ada kesamaan nilai variansi dari populasinya. Sejalan dengan adanya pengertian bahwa pada pengujian Kruskall Wallis merupakan salah satu alat untuk melihat variansi populasinya, maka dalam pengujian ini setidaknya:

  • Populasi berdistribusi normal;
  • Populasi mempunyai nilai standar deviasi yang sama;
  • Sampel yang diambil dari populasinya bersifat saling bebas (k random sampel merupakan kejadian yang saling bebas atau independent).

Adapun langkah pengujiannya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan hipotesis nol (H0) sebagai kesimpulan sementara yang menyatakan "tidak ada perbedaan", dan menentukan hipotesis alternatifnya (Ha) yang menyatakan kebalikan dari hipotesis nolnya "ada perbedaan", misal:
Apakah:
H0: K distribusi populasi adalah sama
Ha: K distribusi populasi adalah tidak sama
Atau:
H0: µ1 = µ2


Ha: µ1 ≠ µ2

2. Tetapkan kriteria daerah kritis dari kurva, untuk kurva K = 3 dan ni < 5 gunakan tabel Kurskall-Wallis. Sedangkan untuk K > 3 dan ni > 5 gunakan tabel chi square (kai kuadrat) dengan df = K - 1.


3. Hitung nilai dari statistik ujinya, yakni sebagai berikut:


4. Bandingkan antara hasil penetapan daerah kritis dari tabel chi square dengan hasil perhitungan statistik ujinya

5. Buat kesimpulan dari hasil perbandingan di atas dengan ketentuan:
Terima H0 jika Ttabel > Thitung dan Tolak H0 jika: Ttabel < Thitung
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.