Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Caranya agar Produk Lokal Buatan Anda Bisa Go-Global

Begini Caranya agar Produk Lokal Buatan Anda Bisa Go-Global

Setiap pebisnis pastinya memiliki goal tersendiri akan bisnis mereka. Bagi pebisnis yang sudah sukses di tanah air, tentunya mereka ingin agar bisnisnya bisa go internasional. Mengingat sengitnya persaingan di kancah global, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar produk Anda bisa tembus ke pasar internasional.

1. Buat Rencana yang Matang

Untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri, Anda harus memiliki strategi yang matang. Selain itu, Anda juga harus meyakinkan rekan kerja Anda bahwa mereka sedang menjalin kerjasama dengan orang yang tepat.

2. Pilih Pasar Sasaran

Pasar Indonesia pastinya tidak sama dengan pasar internasional. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk ekspansi bisnis, Anda harus melakukan penelitian terhadap pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mengetahui ke mana produk tersebut akan diekspor dan apa saja resiko yang mungkin terjadi.

3. Ciptakan Produk yang Kreatif Sesuai Tren Pasar

Masyarakat tentu ingin produk yang unik dan kreatif. Oleh karena itu, Anda harus membuat produk yang inovatif, unik dan terbaru, namun tetap sesuaikan dengan tren yang ada di pasaran global. Selalu kenali tren apa saja yang sedang booming di dunia karena hal tersebut akan mempertahankan eksistensi bisnis Anda di luar negeri.


Masyarakat akan lebih tertarik pada produk yang sedang tren dibandingkan produk biasa, walaupun harganya murah. Pasalnya, masyarakat berpikir bahwa kalau memiliki produk tersebut akan dianggap setara dengan orang yang ada di sekitarnya.

4. Buat Produk dengan Kualitas Tinggi

Produk dengan kualitas tinggi akan sangat dicari oleh banyak orang. Walaupun berharga mahal, mereka rela mengeluarkan uang untuk produk berkualitas. Agar kamu bisa mengetahui apakah produk tersebut berkualitas ataukah tidak, maka perlu adanya ulasan dari konsumen.

Untuk lebih meyakinkan konsumen akan kualitas dari produk yang ditawarkan, buatlah produk tersebut menjadi eksklusif atau terbatas, misalnya 10 hingga 15 produk saja per itemnya. Jangan lupa juga untuk memasarkannya di media publikasi.

Ketika Anda ingin mempublikasikannya, gunakanlah foto asli dengan resolusi tinggi, dan copywriting yang menjual. Dengan trik ini, konsumen tidak hanya yakin tetapi juga penasaran sehingga ada rasa ketertarikan untuk membeli produk Anda.


5. Bangun Relasi yang Baik

Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya relasi yang baik. Oleh sebab itu, perluaskanlah relasi Anda jika ingin memasarkan produk lokal ke pasaran internasional. Mencari relasi memang tidak mudah, tapi tidak terlalu sulit jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Kalau sudah menemukan relasi yang baik, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, seperti modal tambahan, kerjasama, hingga media periklanan atau promosi. Tentu saja, relasi yang luas akan semakin memudahkan Anda untuk memperbesar bisnis yang ada saat ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang strategi memasarkan produk lokal ke pasar internasional. Berdasarkan apa yang telah diuraikan di atas, maka tidak menutup pintu kemungkinan bahwa produk lokal bisa saja diterima oleh masyarakat global.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.