Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar Bisnis Katering Anda Dapat Bertahan Lama

Tips agar Bisnis Katering Anda Dapat Bertahan Lama

Bisnis di bidang katering saat ini sangatlah menjanjikan seiring meningkatnya individualisme masyarakat yang kini sudah mulai menghilang jiwa gotong-royongnya. Semakin banyak acara yang tidak mau ribet masak sendiri dan akhirnya lebih memilih jasa katering sebagai pendukung konsumsi.

Tidak hanya acara besar saja yang menggunakan jasa katering, untuk pesta kecil pun katering siap memberikan pelayanan kuliner. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan ingin membuka usaha katering pasti bertanya-tanya, bagaimana bisnis katering dapat bertahan lama?

1. Pelatihan terhadap Pegawai

Berikan pelatihan kepada pegawai-pegawai Anda agar lebih terlatih, terampil, dan cekatan. Tanamkan kepada para pegawai Anda bahwa pelanggan adalah nomor satu. Tanamkan kepada mereka pula bahwa tidak hanya kuantitas saja yang penting tapi juga kualitas, baik makanan maupun pelayanan.

2. Branding

Tips lainnya adalah membuat brand sendiri untuk katering Anda. Buatlah resep yang tidak mudah ditiru atau tidak ada duanya. Alhasil, pelanggan akan selalu mengingat kualitas rasa dari brand bisnis katering Anda.


3. Marketing

Pemasaran yang benar akan memberikan impact yang baik. Pemasaran yang menarik akan menggerakkan pelanggan untuk datang dan penasaran dengan produk Anda. Pemasaran ini harus rutin dilakukan agar selalu membuat pelanggan bertanya-tanya.

Sekarang ini, pemasaran tidak hanya berupa iklan klasik saja. Gunakan media sosial sebagai sarana pemasaran supaya lebih efektif karena sebagian besar orang hampir setiap saat menggunakan media sosial.

4. Koneksi

Buatlah hubungan yang baik dengan pelanggan, misalnya bangun kepercayaan pelanggan melalui pelayanan katering yang berkualitas. Jangan sekali-kali Anda mengecewakan mereka karena akan membahayakan bisnis katering yang sedang dirintis.

5. Endorsement atau Tester

Kini, kegiatan pemasaran dengan cara endorse sangatlah mudah. Carilah tokoh atau akun media sosial yang terkenal agar produk Anda dilirik oleh banyak orang. Jangan pernah pelit memberikan tester supaya mereka tahu bagaimana rasa dari keunikan produk Anda.


6. Hygiene

Makanan yang bersih dan higienis akan menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk memesannya lagi. Tahukah Anda bahwa akibat dari makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan pelanggan keracunan? Itulah pentingnya menjaga kebersihan makanan dan dapur.

7. Kreativitas Makanan

Dengan hadirnya media sosial di zaman serba digital ini, banyak sekali orang yang tertarik dengan bentuk dan kreativitas makanan. Mereka bisa mengambil gambar makanan dan menyebarkannya. Oleh karena itu, kreativitas makanan juga bisa dijadikan sebagai teknik marketing.

8. Rasa Makanan

Jadikan makanan yang Anda hasilkan tidak hanya indah pada bentuknya, tetapi juga memberikan rasa yang enak dan berkesan bagi pelanggan. Pastikan bahwa bumbu yang Anda gunakan tidak memakai bahan kimia yang berbahaya agar kesehatan pelanggan terjaga.

9. Kesegaran Bahan Makanan

Dengan bahan makanan yang segar dan berkualitas, Anda bisa membuat bisnis katering tersebut bertahan lama. Kesegaran bahan makanan akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Jadi, sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana caranya agar makanan tersebut tetap segar.


Demikianlah pembahasan tentang tips agar bisnis katering Anda dapat bertahan lama. Salah satu bisnis makanan yang digemari oleh para pengusaha adalah usaha katering. Selain keuntungannya yang relatif besar, usaha ini juga bisa disebut sebagai "hobi yang dibayar" bagi yang gemar memasak.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.