Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral Marketing: Pengertian dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Viral Marketing: Pengertian dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Di era digital saat ini, semua serba menggunakan jaringan internet, begitu juga dengan marketing atau pemasaran. Anda harus memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin untuk melakukan pemasaran demi meningkatkan keuntungan dari sebuah bisnis.

Pengertian Viral Marketing

Viral Marketing adalah salah satu teknik pemasaran dengan memanfaatkan Internet. Pemasaran yang dilakukan di sini melalui sosial media, website, maupun blog dengan kemungkinan dilihat oleh banyak orang dan disebarkan melalui tombol share.

Dengan cara seperti ini, pemasaran akan berkembang seperti layaknya bakteri dalam tubuh yang terus menerus bertambah banyak. Dengan metode ini, maka semakin banyak orang mengenal produk Anda dan berusaha mencarinya.

Penerapannya dalam Dunia Bisnis

Walaupun terlihat mudah, yaitu hanya dengan mengunggahnya ke sosial media lalu menjadi booming, namun tidak semua pemasaran dengan metode ini akan berjalan mulus sesuai keinginan karena jumlah viewer juga berperan penting. Lalu, apa yang harus dipersiapkan agar viral marketing ini bisa berhasil?
  1. Melakukan branding terhadap produk yang dihasilkan: Brand terbukti dapat membuat orang-orang lebih mengenali produk Anda. Buatlah brand yang unik dan mudah diingat sehingga orang pun mudah ketika membicarakannya.
  2. Mempromosikan bisnis dengan desain visual yang bagus dan unik: Anda bisa membuat gambar yang menarik ataupun video yang kreatif agar orang menjadi penasaran dan ingin mencoba produk Anda.
  3. Membuat konten yang interaktif antara pemilik akun dan pemirsa: Berikan give away, kuis, atau apapun yang bisa membuat Anda dan calon pelanggan dapat membuat suasana lebih santai dan asyik.
  4. Berikan testimoni: Dengan memberikan testimoni maka akan membangun kepercayaan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda.
  5. Gunakan kata-kata yang unik, humor, dan nyeleneh: Berdasarkan survei, ini terbukti akan lebih menyedot banyak perhatian calon pelanggan sehingga mereka penasaran dengan produk yang Anda jual.


Kelebihan Viral Marketing

Kalau berbicara mengenai kelebihan menggunakan viral marketing, maka ada banyak sekali. Namun, berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Mudah dilakukan karena hanya mengandalkan koneksi Internet, murah karena tidak perlu menggunakan media cetak, dan cepat karena akan mudah tersebar.
  • Konsumen dapat melakukan kegiatan share. Kalau diibaratkan zaman dahulu, ini dinamakan dengan "dari mulut ke mulut".
  • Konsumen lebih mudah memahami produk yang dipasarkan.
  • Dapat melatih kreativitas dalam membuat konten dan juga akan menjadi lebih inovatif dalam membuat konten marketing.
  • Dapat menjalin relasi yang lebih erat antara pembeli dan penjual.
  • Dapat dengan mudah membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda karena masyarakat juga lebih mudah melihat testimoni atau review pelanggan lain.

Kekurangan Viral Marketing

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata strategi marketing jenis ini juga terdapat kelemahannya. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari strategi viral marketing:
  • Harus menguasai teknik digital, Anda harus mengetahui cara membuat konten yang bagus dan menarik hati para calon pelanggan, baik desain grafis maupun videografis.
  • Tidak semua konsumen dapat menangkap isi dari pemasaran yang dilakukan sehingga bisa menimbulkan salah paham.
  • Jika tidak semua konsumen cocok dengan produk Anda maka dengan mudah juga pelanggan menjatuhkan bisnis Anda dengan review yang jelek.
  • Konsumen dapat leluasa memberi komentar di laman Anda, bahkan Anda tidak akan tahu apakah itu memang konsumen biasa atau pesaing bisnis yang menyamar menjadi konsumen dengan niat ingin menjatuhkan rating.

Penutup

Nah, begitulah ulasan ringkas seputar viral marketing. Anda jangan hanya tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan oleh metode ini, tetapi juga Anda harus mempertimbangkan kekurangan yang akan terjadi berdasarkan penjelasan di atas. Jadi, Anda harus matangkan diri terlebih dahulu sebelum benar-benar siap untuk terjun ke arenanya.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.