Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Jika Anda merasa punya waktu dan ingin mendapatkan tambahan income selama masih kuliah, maka inilah saatnya untuk mendapatkan penghasilan. Berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh Anda selaku mahasiswa:

1. Jual Pulsa

Bisnis yang satu ini tentu sudah cukup dikenal. Di era gadget sekarang, siapa sih yang tidak butuh pulsa? Mulai dari anak SMP sampai orang dewasa tentu memerlukan pulsa. Bagi mahasiswa yang ingin tambahan uang jajan, pilihan bisnis ini pastinya sangat menarik.

2. Jual Makanan

Membuat makanan untuk dijual setiap harinya mungkin agak sedikit berat untuk mahasiswa. Bagi yang tidak memiliki waktu untuk membuat makanan, Anda bisa membeli dagangan dari pihak lain. Ada banyak supplier kue di pasar yang bisa Anda hubungi.

3. Jadi Penulis Artikel Online

Mahasiswa tentu memiliki waktu yang bisa dimanfaatkan selain untuk belajar dan istirahat. Bagi Anda yang memiliki kemampuan kreatif, waktu ini bisa dimanfaatkan untuk menulis. Sekarang, kesempatan menjadi freelance writer untuk platform online sangat terbuka besar.


Kebanyakan pemilik website membutuhkan konten yang relevan dengan keadaan seorang mahasiswa, seperti prospek kerja mahasiswa jurusan teknologi pangan dan tips mengatur keuangan ala mahasiswa. Jadi, Anda bisa mendapatkan client dengan lebih mudah.

4. Menjadi Translator

Konten dari bahasa lain pastinya sangat beragam. Di era internet ini, konten yang bagus dengan bahasa asing akan banyak dicari translator-nya. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan bahasa asing, tentu kesempatan ini tidak boleh dilewatkan.

Belakangan ini, tidak sedikit perusahaan mencari translator yang bisa mengubah artikel luar menjadi bahasa lokal. Jika Anda bisa berbahasa Jerman, Jepang, dan lain-lainnya, maka menjadi translator akan mendatangkan untung yang banyak.

5. Penjual Barang Second Online

Barangkali Anda pernah mendengar kisah seorang mahasiswa yang menjual barang lama sebagai modal untuk kebutuhan kos-kosan. Apabila Anda melihat kesempatan seperti ini, maka belilah barang second tersebut secara borongan yang kemudian dijual di internet.


6. Blogger

Membuat konten di blog merupakan kegiatan yang menarik bagi sebagian orang. Blog adalah bentuk website sederhana yang bisa di-update secara rutin. Para blogger mendapatkan income dari pengunjung yang melihat dan membaca konten di blog mereka.

Pendapatan pasif yang semacam ini pastinya tidak kalah menarik dibandingkan dengan ide-ide bisnis yang sebelumnya, bukan? Namun, Anda harus ahli dalam membuat konten blog supaya para user tertarik mengunjunginya.

7. Video Creator

Menjadi YouTuber adalah cita-cita banyak anak muda sekarang. Selain terkenal, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang banyak pula. Oleh sebab itu, video creator merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin terkenal sekaligus memperoleh pendapatan.

Demikianlah pembahasan tentang 7 ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa, prioritas utama Anda adalah belajar. Jika ada waktu kosong, maka manfaatkan untuk berbisnis, okay!
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.