Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Management of Technology (MOT) dan Komponen Dasarnya

Pengertian Management of Technology (MOT) dan Komponen Dasarnya

Management of Technology (MOT) adalah bagaimana suatu organisasi mengelola teknologi dan manajemen secara integratif untuk mencapai keunggulan kompetitif. Menurut Khalil, teknologi dan manajemen merupakan salah satu komponen kritis organisasi untuk mencapai tujuannya.

Komponen kritis lainnya dalam organisasi yaitu modal, sumber daya manusia, dan produk. Sementara teknologi dipandang sebagai faktor kritis karena mencerminkan pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk mentransformasikan sumber daya menjadi produk yang memiliki nilai (Rochaety, 2007).

Untuk menjamin pencapaian keunggulan kompetitif, pengelolaan teknologi dan manajemen sebagai faktor-faktor kritis perlu dilakukan secara integratif di seluruh bagian organisasi. Adapun beberapa komponen dasar MOT adalah sebagai berikut:

1. Value Creation

Value creation adalah bentuk tanggung jawab sosial organisasi, di mana organisasi menyediakan nilai dan menciptakan aktivitas bagi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan merasa senang karena organisasi tersebut telah menjawab permasalahan mereka.


2. Quality

Dalam situasi persaingan yang sangat kompetitif, kualitas produk harus lebih baik dari pesaing dengan harga yang sedikit lebih mahal. Jadi, produk yang didesain secara tepat seharusnya memberikan kualitas keamanan yang lebih tinggi di tingkat harga yang tidak jauh berbeda dengan produk pesaing.

3. Responsiveness

Maksud dari responsiveness di sini adalah organisasi harus mampu mengelola tidak hanya pada stabilitas, tetapi juga pada perubahan. Organisasi modern perlu melakukan pengelolaan siklus yang pendek di semua aktivitas pengembangan produk, mulai dari proses produksi hingga distribusi.

4. Agility

Pada dasarnya, agility merupakan cara kerja seluruh anggota tubuh dalam menanggapi stimulus yang diberikan oleh otak. Dalam ilmu manajemen, agility dimaknai dengan sebuah upaya untuk meningkatkan ketangkasan melalui investasi teknologi untuk fasilitas produksi.

5. Innovation

Innovation ialah suatu ide, barang, kejadian, dan metode yang dinilai sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau masyarakat, baik itu berupa invention maupun diskoveri. Inovasi akan menghasilkan kompetensi unik dalam menawarkan produk atau jasa yang lebih unggul dari pesaing.


6. Integration

Integration dalam kamus Bahasa Indonesia dapat dipahami sebagai peleburan atau persatuan. Oleh karena itu, organisasi modern harus mampu mengakuisisi dan mengintegrasikan teknologi dengan kemampuan dan pengetahuan yang berbeda serta berbasis pada ilmu dan perekayasaan.

7. Teaming

Menurut Katzenbach, tim adalah sekelompok kecil orang dengan keterampilan yang saling melengkapi. Dengan adanya tim, organisasi dapat mengatasi masalah terkait kecepatan perubahan teknologi, kompleksitas dalam mengintegrasikan teknologi yang beragam, dan menciptakan kualitas yang tinggi.

8. Fairness

Organisasi yang menjunjung tinggi prinsip fairness (kewajaran) akan membuat seluruh pihak dalam organisasi terjamin dalam memperoleh hak dan kewajibannya. Dengan begitu, organisasi tersebut diproyeksikan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian management of technology (MOT) dan komponen dasarnya. Management of technology perlu diterapkan oleh setiap organisasi bisnis sekarang ini guna mencapai tujuan atau terget secara kooperatif.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.