Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Kini Sudah Zamannya Solopreneur?

Benarkah Kini Sudah Zamannya Solopreneur?

Bagi sebagian orang, istilah solopreneur memang masih asing di telinga. Sebenarnya apa sih solopreneur itu? Apa bedanya dengan entrepreneur? Lalu, bagaimana tips menjadi solopreneur yang sukses?

Solopreneur merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang menjalankan sebuah usaha hanya dengan seorang diri. Seseorang yang memutuskan untuk menjadi solopreneur tidak memiliki tim atau rekan dalam membangun bisnisnya.

Bahkan, solopreneur berani mengambil sendiri resiko tinggi bagi bisnisnya. Solopreneur berbeda dengan entrepreneur. Jika solopreneur dilakukan oleh seorang diri, maka entrepreneur dijalankan oleh sebuah tim.

Apabila ditelusuri dari perkembangannya sekarang, maka solopreneur lebih banyak diminati oleh kaum milenial. Mereka yang memutuskan untuk terjun ke dunia ini tertarik dengan waktu kerja yang bebas karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Dalam beberapa tahun terakhir, solopreneur telah berkembang dengan pesat. Banyak orang merasa cocok dengan sistem usaha seorang diri semacam ini. Buktinya, sejauh ini sudah banyak para pebisnis online yang tersebar di mana-mana.


Contoh bisnis internet yang sangat digandrungi saat ini adalah online seller,  freelance writer, dan video editor. Kebanyakan mereka bekerja dari rumah hanya dengan bermodalkan koneksi internet, smartphone, dan laptop.

Meskipun terlihat menyenangkan karena dapat bekerja di lingkungan yang diinginkan, tetapi solopreneur memiliki satu kekurangan yaitu sering merasa kesepian. Hal ini bisa terjadi karena mereka jarang sekali berinteraksi dengan orang lain.

Jika Anda ingin menjadi solopreneur, maka usahakan bisa membagi waktu antara kapan bekerja dan kapan berkumpul dengan teman. Menjadi solopreneur sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda dapat membagi waktunya dengan baik.

Ada beberapa hal yang dapat mendukung Anda untuk menjadi solopreneur yang usahanya berkembang pesat. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa tips agar Anda bisa menjadi solopreneur yang sukses:

1. Siap Belajar Banyak Hal

Tips pertama adalah Anda harus mempelajari banyak hal tentang bisnis, apalagi di zaman kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Bisnis sangat erat kaitannya dengan teknologi, sehingga Anda wajib mempelajarinya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.


Selain teknologi, Anda juga harus mempelajari ilmu public speaking. Dalam dunia bisnis, ini disebut dengan komunikasi bisnis. Jika Anda mampu menguasai ilmu tersebut, maka akan mudah membuat konsumen tertarik untuk membeli.

2. Siap Menggunakan Uang Sendiri

Saat menjalankan bisnis, solopreneur hanya dapat mengandalkan dirinya sendiri termasuk dalam urusan uang. Keuntungan dari bisnis sebagai solopreneur tidak sebesar bisnis yang dijalankan dengan tim. Oleh karena itu, Anda harus siap jika sewaktu-waktu membutuhkan tambahan uang.

3. Siap Berjuang Sendiri

Anda tidak hanya siap menggunakan uang sendiri, tetapi juga siap berjuang sendiri untuk memajukan bisnis tersebut. Ini pastinya sangat melelahkan karena Anda tidak punya tim yang bisa diajak diskusi. Ada begitu banyak masalah yang sering menimpa para pebisnis yang mesti Anda atasi, di antaranya:
  • Masalah waktu dalam bisnis;
  • Masalah persaingan dalam bisnis;
  • Masalah keuangan; dan
  • Masalah pelanggan.

4. Pandai Mengatur Waktu

Meskipun jam kerjanya fleksibel, solopreneur harus pandai mengatur waktu. Sebab, Anda perlu menjaga kesehatan fisik dan mental supaya tetap bisa bekerja secara maksimal, apalagi ketika aktivitas bisnis yang dijalankan sedang sangat padat.

5. Berani dalam Mengambil Keputusan

Bekerja sendiri tentunya harus berani mengambil keputusan dan menanggung resiko sendiri. Solopreneur harus mampu melakukan semua itu jika sedang menghadapi hal-hal yang membutuhkan keputusan secepatnya.


6. Berkumpul dengan Pebisnis Lain

Tips menjadi solopreneur yang sukses selanjutnya adalah Anda harus belajar dari pebisnis lain. Dengan berkumpul bersama mereka, Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang bisnis. Di samping itu, Anda juga bisa meniru strategi-strategi mereka untuk meraih kejayaan dalam berbisnis.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini solopreneur dapat dengan mudah dilakukan. Memang, resiko yang akan dihadapi sangatlah tinggi, tetapi jangan khawatir karena setiap pekerjaan pasti ada resikonya masing-masing, bukan?
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.