Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Contoh Resolusi Keuangan yang Bisa Anda Gunakan

Yuk, Tentukan Resolusi Keuangan di Tahun 2020!

Resolusi keuangan ini perlu Anda buat di setiap tahunnya. Nah, apakah sejauh ini Anda sudah punya resolusi untuk meningkatkan performa keuangan? Jika butuh inspirasi resolusi keuangan, mari bahas beberapa contoh yang bisa Anda gunakan!

1. Belajar untuk Tidak Membiarkan Uang Menganggur

Uang menganggur dalam hal ini bukanlah tabungan di bank, tapi uang cash yang Anda tinggalkan di rumah. Uang di bank masih bisa menghasilkan bunga, tapi uang yang disimpan di lemari tidak akan berefek apapun.

Persiapan cash memang penting, tapi tidak perlu terlalu banyak juga. Jika setelah membayar beban tagihan perbulannya dan uang di rumah masih tersedia puluhan juta, maka Anda tentu merugi. Uang puluhan juta ini bisa didepositokan, diinvestasikan ataupun ditabung di bank.

2. Lebih Disiplin Mengurus Tagihan

Tagihan tiap bulan sebaiknya diurus secara lebih baik. Anda harus berani untuk mengatakan "tidak" pada membayar tagihan. Layaknya seperti denda, situasi semacam ini hanya akan membuat keuangan Anda menjadi lebih buruk.

3. Membiasakan Membuat Rencana Keuangan

Jika Anda sering tidak cermat soal uang, ada baiknya Anda mencoba untuk membuat catatan terkait rencana keuangan, seperti pemasukan bulan ini, catatan tagihan, keperluan pengeluaran, dan sisa uang. Pencatatan ini akan menyadarkan Anda tentang uang yang dimiliki setiap harinya.

Catatan ini juga bisa digunakan saat Anda menargetkan untuk memiliki sesuatu, seperti keinginan untuk membeli mobil baru, rumah baru, dan sebagainya. Jadi, dengan adanya catatan seperti ini akan memotivasi Anda untuk lebih sadar mengenai pengeluaran dan lebih fokus pada hal-hal yang diinginkan.

4. Tingkatkan Motivasi Menabung

Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat kecil tingkat kesadaran menabungnya. Sehari-hari, masyarakat lebih fokus pada pengeluaran dan investasi. Memenuhi keinginan dan melakukan investasi tentu tidak masalah, tapi menabung juga penting.

Sebagai resolusi, pastikan Anda meningkatkan motivasi menabung ini. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti menyisihkan uang Rp20.000 per minggunya. Jumlah ini mungkin terkesan kecil, tapi lebih baik daripada tidak ada niatan menabung sama sekali.

5. Buat Target untuk Melunasi Hutang

Jika selama ini Anda masih memiliki hutang, buatlah resolusi untuk melunasinya di tahun ini juga. Motivasi tersebut akan membuat Anda lebih giat mencari cara untuk melunasi hutang. Memiliki hutang berkepanjangan tentu menjadikan hidup Anda tidak tenang.

6. Belanja dengan Lebih Cerdas

Sekarang ini, Anda bisa mendapatkan banyak hal secara lebih murah. Informasi soal diskon pun sangat mudah didapatkan di dunia maya. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan informasi yang tersedia untuk belanja dengan lebih cerdas.

Stok saat harga sedang diskon dan tidak membeli saat harga naik. Perhatikan juga situasi pasar untuk persiapan diri. Berita mengenai gagal panen dan sejenisnya dapat dijadikan sebagai indikasi akan adanya kenaikan harga.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang contoh resolusi keuangan. Resolusi merupakan daftar keinginan yang ingin dicapai pada masa depan. Jadi, Anda harus membuka lembaran baru di setiap tahunnya dengan membuat resolusi keuangan yang lebih matang, okay!
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.