Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk UKM

Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk UKM

Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem sales tracking tools? Jika tertarik menggunakan hal ini, tentu Anda harus mengetahui apa saja manfaatnya terlebih dahulu. Ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh sistem ini untuk mengoptimalkan bisnis UKM Anda, di antaranya ialah:

1. Membantu Pencatatan Detail Penjualan

Jika Anda melayani pelanggan, terkadang Anda bisa sangat repot. Tapi di sisi lain, pelanggan tidak peduli tentang hal ini dan hanya ingin dilayani secara cepat. Proses pencatatan tentu tidak akan memungkinkan di situasi seperti ini, bukan?

Nah, bila Anda menggunakan sales tracking tool, maka proses pencatatan detail penjualan akan lebih mudah. Catatan yang ada dalam tracking tool ini bisa dibuat otomatis, misalnya pemberian tanggal penjualan, catatan barang yang terjual, dan hal-hal lainnya.

Apabila pencatatan ini dilakukan secara rinci, UKM tentu akan sangat terbantu dalam pembukuan. Dengan begitu, bisnis kecil pun akan memiliki data yang cukup untuk memperhatikan pertumbuhan usahanya.

2. Memberikan Informasi Sales Secara Lebih Jelas

Jika Anda merupakan pengusaha yang bekerja sama dengan supplier tertentu, data yang dicatat dalam sales tracking tool bisa menjadi bukti bagi supplier. Informasi tersebut akan membantu Anda dan pihak supplier dalam mengatur strategi.

Misalnya saja ada informasi bahwa varian produk tertentu lebih dicari daripada varian lainnya. Jika menggunakan data tersebut, Anda bisa mengusulkan pada supplier untuk memberikan varian yang populer dan stok lebih banyak.

Selain itu, catatan dari sales tracker tool juga bisa menjadi solusi masalah ketersediaan. Misalnya, jika pemesanan dilakukan secara manual melalui catatan sales yang dibuat sendiri, maka kesalahan data bisa saja terjadi.

Human error adalah hal yang fatal dalam bisnis. Tapi, jika kalkulasi dilakukan secara otomatis dan detail dari sales tracker, kesalahan ini tidak akan terjadi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan human error yang kerap kali terjadi.

3. Menjadi Alat Pengukur Kinerja Pegawai

Alat pengukur kinerja pegawai yang efektif adalah sales, produktivitas, dan profit. Data sales dan profit tentu bisa dikalkulasi dengan mudah. Sayangnya, untuk mendapatkan informasi seputar produktivitas ini lebih tricky.

Tapi, jika menggunakan sales tracker tool, Anda bisa melihat siapa yang sedang mengoperasikan alat pencatat ini. Bila dalam jangka waktu tertentu sales yang terjadi banyak, maka informasi produktivitas bisa dibilang cukup tinggi untuk karyawan tersebut.

Tracker yang modern biasanya juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi absen bagi para pegawai. Jadi, Anda bisa mengukur aktivitas tiap pegawai dan menghubungkannya dengan sales. Oleh karena itu, Anda akan memperoleh informasi lebih jelas terkait aktivitas pegawai di UKM Anda tanpa harus sering-sering mengeceknya ke lapangan.

4. Menjadi Alat Ukur Keberhasilan Bisnis

Mengukur kesuksesan suatu bisnis harus dipandang secara objektif. Jika tidak memiliki data yang jelas, maka Anda tidak bisa dikatakan sukses. Mengukur keberhasilan dari keuntungan yang diterima saja tidaklah cukup, sehingga Anda harus melihat dari berapa banyak sales untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Selain itu, data stock supply dan aktivitas pegawai bisa menjadi indikator kesuksesan usaha Anda. Semua data yang ada bisa dipantau melalui sales tracker tool. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan adanya salah penafsiran.

Jika keuntungan besar, tapi sales kecil dan stock supply tidak bisa menutupi permintaan maka data dari sales tracker belum bisa diterjemahkan sebagai kesuksesan secara utuh. Oleh karena itu, sebaiknya pandanglah UKM Anda secara utuh sebelum menyimpulkannya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang manfaat sistem sales tracking tools untuk UKM. Perlu Anda ketahui bahwa strategi pemasaran yang ciamik saja belum cukup. Anda harus mempunyai sistem yang baik dalam melacak seluruh data penjualan yang dihasilkan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.