Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Word of mouth marketing merupakan jenis pemasaran yang sangat dianjurkan untuk UKM. Secara bahasa, word of mouth marketing dapat diartikan pemasaran dari mulut ke mulut. Hal ini bisa juga disamakan dengan menyebarkan nama produk dari satu orang ke orang lain melalui pembicaraan.

Sebagai contoh, Anto pernah makan Nasi Goreng di tempat Zakia. Kemudian, Anto menceritakannya kepada Bambang bahwa Nasi Goreng di tempat Zakia sangat enak. Setelah mendengar informasi tersebut, Bambang mulai tertarik dan akhirnya datang untuk membelinya.

Dari contoh kasus di atas, pemasaran Nasi Goreng Zakia sampai ke telinga Bambang bukan melalui iklan TV, sales, selebaran, dan juga baliho besar, melainkan hanya lewat pendengaran dari ceritanya Anto. Penyebaran semacam ini tentu sudah sering terjadi di kehidupan sehari-hari, bukan?

Sekarang ini, word of mouth marketing tentu lebih cepat tersebar. Media sosial menjadi sarana yang paling tepat untuk menyebarluaskan brand bisnis. Saat seseorang mem-posting berbagai keunggulan produk tertentu, maka sebagian teman-temannya yang melihat pun juga menjadi ikut tertarik.

Oleh karena itu, UKM sekarang tidak kalah hebatnya dengan perusahaan-perusahaan besar dari segi pemasaran. Kemampuan dalam menyebarkan brand usaha melalui media sosial membuat kekuatan marketing mereka tidak kalah dengan produk yang dipasarkan melalui TV.

Mengapa Teknik Marketing Ini Sering Digunakan pada UKM?

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, word of mouth marketing sangat penting untuk setiap UKM karena sebuah brand yang diomongkan akan memperoleh exposure atau pengenalan publik. Jadi, teknik ini tentu bisa mempengaruhi banyak orang secara lebih cepat.

Bayangkan saja jika Anda adalah pengusaha kecil di industri kuliner, sementara berbagi foto makanan di media sosial sedang menjadi trend. Kalau saja produk Anda tersebar melalui cara seperti ini, maka tentu Anda telah melakukan kegiatan pemasaranan secara cuma-cuma.

Bagi Anda yang belum mampu mengeluarkan budget untuk promosi, tentu metode pemasaran dari mulut ke mulut sangat direkomendasikan. Tanpa dorongan apa pun, konsumen Anda sudah melakukan pemasaran untuk Anda.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Menggunakan Word of Mouth Marketing

Walaupun tampak mudah, Anda harus ingat bahwa mencari perhatian lewat internet juga perlu usaha. Dari segi biaya memang lebih murah, tapi persaingan lebih sengit. Di internet, Anda tidak hanya mencari perhatian dan pembicaraan semata, melainkan juga bersaing melawan para UKM lainnya yang sejenis.

Pesaing ini juga tidak hanya di lokasi Anda berjualan, tapi luas seluruh Indonesia. Untuk bisa bersaing di platform yang lebih luas ini, Anda harus berusaha menjadi topik pembicaraan orang-orang. Untuk itu, Anda perlu mencoba hal-hal unik, mulai dari pembuatan produk yang unik ataupun promosi dengan cara yang unik.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang pengertian word of mouth marketing pada bisnis UKM. Perlu digarisbawahi di sini bahwasanya word of mouth marketing tidak hanya tentang membuat pelanggan membicarakan suatu brand tertentu, tetapi juga tentang mengubah pelanggan menjadi penggemar yang suka memberitakannya kepada orang lain.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.