Cara Tingkatkan Keuntungan Bisnis Saat Libur
1. Buat Perencanaan yang Matang
Membuat perencanaan sesuai dengan permintaan konsumen harus dilakukan dengan matang. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti faktor cuaca. Oleh karena itu, Anda mesti mempersiapkan rencana terbaik untuk berbagai kemungkinan yang bakal terjadi.
2. Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi
Pelaku bisnis perlu membuat salinan elektronik di semua selebaran, mulai dari kartu nama hingga iklan. Sekarang, file digital dapat dikirim dan dicetak hanya dengan menggunakan browser web. Dengan begitu, Anda bisa membagikannya di media sosial untuk memperluas jangkauan pasar.
3. Mengikuti Acara-acara Penting
Cara berikutnya adalah mengikuti setiap acara penting yang berkaitan dengan bisnis guna mendorong minat para pembeli untuk memilih produk Anda sebagai buah tangan saat liburan. Anda bisa memperkenalkan produk tersebut di beberapa event atau bazaar.
4. Menjadi Disiplin dan Teratur
Simpan kalender kantor yang kreatif dan menarik dengan tampilan yang jelas agar karyawan dapat melihatnya. Kemudian, kalender tersebut dilaminasi dalam ukuran besar dan sertakan tanggal-tanggal penting seperti tahun baru masehi, tahun baru imlek, hari raya idul fitri, dan hari raya natal.
5. Sesuaikan Tampilan Anda
Saat liburan tiba, setiap pelaku bisnis pasti memanfaatkan kerumunan orang untuk dijadikan sebagai konsumen potensialnya sehingga perlu menjaga penampilan agar terlihat menarik di mata pelanggan. Caranya cukup sederhana, yaitu gunakan saja atribut yang lengkap dan rapi.
Baca Juga: Cara Berbisnis Tas Handmade bagi Pemula
6. Jadilah menarik
Buatlah desain atau penyusunan etalase toko yang menarik, penuh warna, dan jelas supaya bisa memikat pelanggan baru selama musim liburan. Sebab, delapan dari 10 konsumen yang memasuki toko melakukan pembelian setelah memperhatikan hal-hal yang memukau.
7. Selalu Ucapkan Terimakasih
Pada dasarnya, ucapan terimakasih merupakan tanda bahwa Anda bersyukur. Jadi, Anda sebaiknya memberikan hadiah kepada pelanggan setia sebagai bentuk terimakasih melalui media elektronik. Hadiahnya bisa berupa voucher diskon belanja atau semisal dengannya.
8. Bersikap Profesional dan Personal
Nah, cara yang terakhir adalah bersikap profesional dan personal. Artinya, Anda harus melakukan pendekatan secara pribadi melalui media sosial dengan pelanggan untuk mendiskusikan tentang rencana dan kebutuhan mereka saat liburan.
Demikianlah pembahasan tentang cara tingkatkan keuntungan bisnis saat libur. Musim liburan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelaku bisnis karena hal yang semacam ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang yang harus dimanfaatkan.