Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Atur Finansial Anda Lebih Baik dengan 5 Komponen Penting Ini!

Atur Finansial Anda Lebih Baik dengan 5 Komponen Penting Ini!

Manajemen keuangan adalah hal yang penting untuk bisa mengelola keuangan Anda dengan baik. Dalam menjalani kehidupan, maka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan mempersiapkan segala macam kebutuhan dalam jangka panjang tentu setiap orang perlu bekerja. Dari penghasilan yang didapatkan itulah Anda perlu untuk mengaturnya, sehingga uang tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya dan tidak langsung habis ketika Anda menerima penghasilan dari kerja keras Anda tersebut.

Setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing untuk bisa mengelola keuangannya sendiri. Hal tersebut dikarenakan gaya hidup dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Nah, agar urusan keuangan Anda lebih mudah untuk dikelola, maka perlu kiranya memperhatikan 5 komponen di bawah ini yang mana hal tersebut akan menjadi panduan bagi Anda dalam upaya me-manage keuangan.

1. Membuat Rencana Keuangan

Membuat rencana keuangan sangatlah penting untuk masa depan Anda, baik ketika Anda hidup sendiri maupun ketika sudah berkeluarga. Jika Anda masih sendiri, mungkin pengeluaran Anda tidak terlalu banyak.

Namun, ketika Anda sudah berkeluarga, maka pengeluaran Anda pun akan bertambah. Sebab, di dalam keluarga tersebut ada pasangan dan juga anak-anak Anda yang mana kebutuhan masing-masing mereka harus dipenuhi.


Anak Anda akan membutuhkan biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari, dan Anda harus merencanakan biaya yang tidak terduga. Oleh karena itu, telitilah untuk membuat rencana keuangan ini supaya Anda bisa menjangkau kebutuhan jangka pendek dan panjang.

2. Pencatatan Pengeluaran

Tidak kalah penting, di mana Anda perlu untuk mencatat setiap pengeluaran Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi Anda di bulan yang akan datang agar Anda bisa lebih terbiasa dan terkontrol dalam menggunakan anggaran.

Anda bisa mengelola uang Anda dengan membeli yang dibutuhkan dan mengerem kebutuhan yang bisa ditunda penggunaannya. Apalagi ketika Anda bekerja dan mendapat gaji per bulan, tentu pengaturan pengeluaran haruslah sangat baik, mengingat di saat tanggal tua anggaran akan mengalami penipisan.

3. Membuat Laporan Keuangan

Walaupun terlihat merepotkan, namun cara ini sangat ampuh untuk bisa mengelola keuangan Anda, terutama bagi Anda yang sudah hidup berkeluarga. Jadi, usahakan untuk membuat laporan keuangan ini.


Dalam laporan ini berisi mengenai perubahan keuangan serta pemasukan dan pengeluaran Anda. Laporan ini bisa Anda jadikan sebagai acuan dan bahan evaluasi di bulan yang akan datang, sehingga Anda bisa menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran.

4. Pengendalian Internal

Hal inilah yang sebenarnya terkadang sulit untuk dikontrol. Ketika Anda menginginkan sesuatu, maka Anda harus bisa mempertimbangkannya dengan baik akan kebutuhan dari barang yang Anda inginkan tersebut.

Anda harus mengutamakan apa yang sedang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan. Anda harus mampu mengontrol pengeluaran, menghindari hal-hal yang belum terlalu dibutuhkan, dan berusaha untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi seperti menjaga kesehatan.

5. Memanfaatkan Teknologi

Kemajuan teknologi juga turut mendukung akan pengelolaan keuangan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi yang telah disediakan, apalagi saat ini hampir setiap orang sudah memiliki smartphone yang bisa semakin mempermudah seseorang untuk mengoperasikannya. Dengan teknologi, maka Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah dan akurat.

Penutup

Melalui komponen-komponen tersebut, Anda akan lebih mudah bagaimana seharusnya uang Anda diatur dengan sebaik-baiknya. Sebab, di dalam kehidupan sehari-hari, selain Anda perlu memenuhi kebutuhan yang pokok, kebutuhan masa depan Anda juga harus dipikirkan dan direncanakan sedini mungkin.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.