Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Ketidakpastian dalam Pencarian Kerja Selama Pandemi Covid-19

Tips Mengatasi Ketidakpastian dalam Pencarian Kerja Selama Pandemi Covid-19

Lowongan kerja yang ada di Indonesia akhir-akhir ini telah mengalami penurunan secara drastis. Untuk mengatasi ketidakpastian dalam pencarian kerja selama pandemi Covid-19, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Bersabarlah Jika Responnya Lama

Tahukah Anda bahwa sebagian perusahaan menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah? Dengan begitu, kemungkinan proses lamaran akan sedikit lebih lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan tetaplah bersabar jika memang responnya lama.

Anda tidak sendirian karena ada jutaan orang yang juga mengalami hal yang sama. Tidak ada salahnya menelepon atau mengirim surel untuk menanyakan perkembangan proses rekrutmen. Hal ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

2. Kembangkan Diri dengan Cara Mengikuti Online Course

Sambil menunggu panggilan wawancara, sebaiknya Anda mengembangkan keterampilan diri supaya nantinya siap untuk menggarap peluang baru. Nah, online course sangatlah tepat untuk diikuti mengingat maraknya kasus Covid-19 di rata tempat.

3. Jangan Mudah Menyerah

Semakin keras Anda berjuang akan semakin bagus pula kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan. Jadi, Anda tidak boleh menyerah. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk meng-update CV atau membuat surat lamaran kerja yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

4. Mencari Lowongan Kerja yang Bersifat Kontrak

Bagi yang mengalami PHK, Anda bisa mencoba lamar pekerjaan yang bersifat kontrak. Jika kinerjanya dinilai bagus dan disukai oleh perusahaan, maka mereka akan memberikan kesempatan atau menawarkan pekerjaan tetap untuk Anda.

5. Realistis Mengenai Gaji

Perekonomian yang dewasa ini sedang lesu membuat sebagian besar perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan gaji karyawannya. Namun, Anda tidak dilarang untuk bernegosiasi mengenai gaji, asalkan bisa dibuktikan kepada perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengatasi ketidakpastian dalam pencarian kerja selama pandemi Covid-19. Mencari kerja di tengah situasi pandemi semacam ini diibaratkan seperti mencari jarum pada tumpukan jerami.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.