Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lepas Landas: Masuknya Era Teknik Produksi Modern

Lepas Landas: Masuknya Era Teknik Produksi Modern

Teori ini dipelopori oleh W.W. Rostow yang merupakan musuh besar kaum komunis. Namun, Rostow memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan kebijakan Amerika Serikat di Asia Tenggara pada tahun 1960-an (Irawan, 2002).

Rostow mengatakan bahwa lepas landas merupakan tercapainya perkembangan pesat di sektor-sektor tertentu yang telah menggunakan teknik produksi modern. Sektor yang paling maju dalam tahap ini yaitu tekstil di Inggris serta kereta api di Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Kanada, dan Swedia.

Adapun perbedaan antara tahap ini dan tahap-tahap sebelumnya adalah teknik-teknik baru dalam industri dapat berjalan dengan sendirinya. Pada tahap masyarakat tradisional dan prasyarat lepas landas sebenarnya sudah ada industri-industri, tetapi masih belum berjalan dengan lancar.

Nah, untuk bisa mencapai ke tahap lepas landas membutuhkan dorongan dari pemerintah agar tidak hanya fokus pada sektor fasilitas prasarana umum, pertanian, dan perdagangan saja. Meskipun hal tersebut penting, tapi itu tidak akan berarti bila tidak ada dukungan terhadap golongan wiraswasta.

Nantinya, ini akan berpengaruh pada kemampuan masyarakat untuk meningkatkan investasinya, paling tidak 10 persen per tahun. Secara keseluruhan, tahap lepas landas telah memodernisasi perekonomian atas masyarakat tradisional.

Hal ini bukan berarti pengrusakan terhadap masyarakat tradisional melainkan berupa keadaan yang saling menyesuaikan diri. Jadi, perkembangan ini akan mendorong masyarakat untuk memfokuskan perhatiannya pada usaha-usaha teknik modern.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.