Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Kunci Perkembangan Ekonomi di Negara-negara Barat

Pembangunan yang Spontan

Ada dua faktor kunci terjadinya perkembangan ekonomi di negara-negara barat, yaitu adanya akumulasi modal dan tersebarnya keterampilan wiraswasta. Sekarang, mari amati bersama bagaimana faktor-faktor kunci tersebut bergerak.

Faktor-faktor tersebut tentu dapat mempercepat proses perkembangan ekonomi. Pada awalnya, pertumbuhan ini sangat lambat karena sulitnya mengubah cara berpikir orang-orang yang ada di pedalaman (Irawan, 2002).

Singkat waktu, perkembangan yang pesat mulai terjadi di Eropa Barat, tepatnya saat revolusi industri pada akhir abad ke-18. Hal ini ditandai dengan adanya penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi industri dan pertanian.

Kemudian, perkembangan ini semakin menjadi-jadi setelah terjadinya perbaikan di sektor transportasi. Sektor ini bisa dikatakan sebagai pintu kesuksesan bagi para wiraswasta barat untuk menunjukkan kecakapannya di kanca internasional.

Pasca Perang Dunia I, kelas wiraswasta ini bagaikan pahlawan bagi ekonomi Eropa Barat yang pada saat itu kondisinya sedang terpuruk. Naiknya produktivitas dan pendapatan per kapita merupakan hasil perjuangan kelas wiraswasta.

Oleh karena itu, para ahli ekonomi menganggap bahwa wiraswasta adalah elemen dinamis dalam perekonomian dan kini telah terbukti. Setelah kejadian tersebut, konsentrasi pendapatan berada di pihak kelas wiraswasta.

Pendapatan yang masuk tidak untuk dikonsumsi tetapi diinvestasikan kembali. Keadaan inilah yang menyebabkan perekonomian di Eropa Barat berkembang dengan pesat. Nah, itulah pembahasan tentang faktor kunci perkembangan ekonomi di negara-negara barat yang perlu Anda ketahui.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.