Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan antara Webinar dan Online Meeting yang Marak Belakangan Ini

Perbedaan antara Webinar dan Meeting Online yang Marak Belakangan Ini

Pandemi memang telah merubah banyak tatanan dan rutinitas masyarakat. Pandemi ini juga memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, seperti halnya bekerja atau belajar dari rumah yang awalnya belum pernah ada.

Biasanya, bekerja atau belajar dilakukan secara tatap muka dan kini harus menggunakan aplikasi video conference. Meskipun tingginya penggunaan video conference belakangan ini, tetapi masyarakat masih banyak yang belum bisa membedakan antara webinar dan online meeting.

Padahal, keduanya tentu saja berbeda walaupun sama-sama memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan audiens yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, berikut ini adalah perbedaan antara webinar dan online meeting yang marak belakangan ini:

Online Meeting

Online meeting digunakan untuk mendiskusi suatu hal melalui web yang dilengkapi dengan video, audio, dan berbagai layar. Online meeting diselenggarakan oleh host dan dihadiri oleh para peserta yang diundang oleh host tersebut.


Orang-orang yang berada di dalam rapat dapat berbicara dan mendengarkan satu sama lain. Selain itu, mereka juga dapat menginterupsi gambar ataupun suara. Posisi penyelenggara sangat penting di dalam online meeting untuk mengatur lalu lintas gambar dan suara yang akan muncul.

Webinar

Sementara itu, webinar atau yang juga dikenal dengan seminar web merupakan sesi informatif yang disiarkan melalui sebuah web untuk memberikan edukasi kepada sekelompok individu yang ingin atau tertarik dalam mempelajari subjek tertentu.

Biasanya, penyelenggara akan membuat webinar dan mempromosikannya ke audiens yang menjadi targetnya melalui website, media sosial, dan email. Nah, orang-orang yang tertarik bisa bergabung dan menghadiri webinar tersebut di waktu yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Saat webinar berlangsung, penyelenggara akan menyampaikan presentasi ke audiens. Kemudian, audiens dapat mendengar, mengetik, dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara lewat opsi tanya jawab yang ada di jendela webinar.


Itulah perbedaan antara webinar dan online meeting secara singkat. Namun, masih ada beberapa poin perbedaan dari kedua hal tersebut yang akan membuat Anda semakin jelas mengetahui perbedaannya. Berikut ini adalah poin-poinnya:
  1. Online meeting bertujuan untuk membuat pertemuan dengan sesi yang lebih interaktif, sebagaimana meeting yang dilakukan secara offline.
  2. Online meeting digunakan oleh sekelompok orang yang sifatnya lebih tertutup.
  3. Orang-orang yang mengikuti online meeting dapat berbicara dan menampilkan gambar. 
  4. Online meeting dikontrol oleh penyelenggara, tetapi bisa diinterupsi oleh peserta secara langsung.
  5. Webinar layaknya seperti ruang kuliah virtual yang mana jumlah audiensnya lebih besar.
  6. Webinar biasanya diselenggarakan secara publik.
  7. Metode komunikasi di webinar menggunakan chat.
  8. Untuk mengikuti webinar dan mendapatkan ilmu yang akan diajarkan, umumnya peserta akan ditarik bayaran.

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan antara webinar dan online meeting yang marak belakangan ini. Meskipun memiliki kesamaan sebagai fitur dalam video konferensi, tetapi keduanya terdapat perbedaan yang mendasar dalam fungsi penggunaan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.