Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Virtual Meeting Berjalan Lancar dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Virtual Meeting Berjalan Lancar dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Selama pandemi Covid-19, aplikasi Zoom Meeting menjadi aplikasi video conference yang populer digunakan. Sebab, aplikasi ini sangat mendukung untuk kegiatan work from home (WFH), terutama bagi para pekerja kantoran yang butuh meeting secara rutin guna mengevaluasi pekerjaan.

Selain itu, aplikasi Zoom Meeting juga sangat diandalkan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga yang sementara waktu ini masih belum bisa saling bertemu. Jadi, silaturahmi secara virtual melalui Zoom Meeting adalah alternatif terbaik.

Apa Itu Aplikasi Zoom?

Aplikasi yang telah ada sejak tahun 2013 ini semakin mendapatkan kepopulerannya ketika pandemi Covid-19 muncul untuk mendukung pertemuan dari rumah masing-masing secara virtual. Anda bisa mengakses aplikasi ini, baik melalui Windows, OS Mac, iOS, Android, maupun Linux.


Sebelum menggunakannya, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di aplikasi Zoom. Anda bisa melakukannya secara gratis melalui "https://zoom.us/" dan klik tombol “sign up”. Setelah itu, masukkan email aktif Anda dan periksa di kotak masuknya.

Klik “activate account” dan Anda akan diarahkan ke pembuatan password baru. Dengan begitu, akun Zoom Anda sudah aktif dan bisa digunakan dengan “sign in”. Untuk sekedar coba-coba, Anda bisa melakukan video conference secara gratis selama 40 menit dan mengundang maksimum 100 peserta.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Zoom?

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi Zoom, pastinya mengalami kebingungan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di smartphone atau laptop. Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom:
  1. Pastikan Anda sudah download aplikasi Zoom.
  2. Setelah itu, daftarkan diri Anda terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email pribadi.
  3. Isikan nama depan dan belakang Anda.
  4. Berikan tanda centang pada tulisan “I Agree to The TOS”.
  5. Setelah itu, klik tombol “Sign Up”.
  6. Aktifkan akun Anda melalui email yang digunakan saat pendaftaran.
  7. Untuk menambahkan tempatnya, Anda bisa memilih “Add Another Email”.
  8. Masukkan kode captcha yang telah disediakan dan klik “Invite”. 
  9. Anda bisa menyimpan url meeting dan pilih “ Start Meeting Now”.


Demikianlah pembahasan tentang virtual meeting berjalan lancar dengan menggunakan aplikasi zoom. Dengan begitu, pekerjaan pun dapat terus terevaluasi dan terstruktur dengan baik melalui pertemuan virtual ini.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.