Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Finansial Jadi Lebih Sehat? Yuk, Coba Detoks Keuangan

Ingin Finansial Jadi Lebih Sehat? Yuk, Coba Detoks Keuangan

Kondisi keuangan yang sehat di dalam kehidupan merupakan suatu impian bagi semua orang, tetapi tidak banyak yang bisa mewujudkannya. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi keuangan tersebut.

Cara Melakukan Detoks Keuangan

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata detoks. Detoks biasanya dilakukan untuk kesehatan tubuh yang kurang membaik. Konsep yang dilakukan memang sama untuk keuangan yaitu membuat keuangan menjadi lebih baik dengan berbagai cara berikut ini:

1. Mendiagnosa Kondisi Keuangan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan sebuah diagnosa terkait dengan kondisi keuangan saat ini, mulai dari menghitung jumlah pemasukan hingga pengeluaran dalam satu bulan. Kemudian, Anda perlu menambahkan rincian utang dan jumlah tabungan yang dimiliki.

2. Rencana Pembayaran Utang

Setelah melakukan pendiagnosaan kondisi keuangan, langkah berikutnya adalah Anda melakukan sebuah perencanaan untuk membayar semua utang. Tentunya, Anda harus menghitung berapa jumlah besaran utang dan bunganya yang harus dibayarkan.


3. Pembatasan Pengeluaran Pribadi

Hal ini diterapkan untuk mendukung rencana pembayaran utang. Jadi, Anda harus melakukan pembatasan pengeluaran pribadi. Di sini diperlukan tingkat kesadaran diri bahwa adanya sebuah tanggungan utang dan bunga utang yang harus dibayarkan.

Selain itu, Anda perlu membiasakan diri ketika ingin membeli beberapa barang yang notabenya tidak sedang dibutuhkan. Sebagai contoh, berbelanja barang online yang sedang promo dan sejatinya barang tersebut tidak terlalu diperlukan untuk saat ini.

4. Adanya Sebuah Perencanaan Tujuan

Terakhir adalah adanya sebuah perencanaan tujuan untuk beberapa pengeluaran yang akan terjadi di masa depan. Contohnya yaitu merencanakan suatu pengeluaran yang ingin Anda lakukan, seperti membeli sepeda motor atau rumah.

Penyebab Keuangan Anda Tidak Sehat

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana caranya supaya keuangan tetap sehat, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah sebaliknya. Nah, berikut ini merupakan ulasan selengkapnya mengenai penyebab keuangan Anda tidak sehat:


1. Tidak Bisa Memisahkan antara Keinginan dan Kebutuhan

Anda tidak bisa memisahkan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kerap kali membeli barang sesuai dengan keinginan. Pada dasarnya, keinginan tidak bersifat mengikat dan Anda tidak punya keharusan untuk segera memenuhinya.

2. Tidak Adanya Dana Darurat

Pengeluaran yang tidak terduga mungkin saja akan datang. Ketika hal itu terjadi sementara Anda tidak memiliki dana darurat, kondisi keuangan Anda bisa dipastikan sedang tidak sehat. Jadi, dana darurat mestinya disiapkan, okay!

3. Terlalu Tidak Enakan

Hal yang mempengaruhi kondisi kesehatan keuangan selanjutnya adalah Anda tidak bisa mengatakan "tidak" untuk ajakan membeli suatu barang. Padahal, jelas-jelas bahwa Anda sedang tidak membutuhkan barang itu dalam waktu dekat.

4. Tidak Mengetahui ke Mana Pengeluarannya

Tidak adanya kejelasan terkait dana yang keluar merupakan salah satu faktor yang bisa menghambat kondisi keuangan Anda. Kebiasaan ini dapat dihilangkan dengan cara menulis semua pengeluaran tersebut.


Demikianlah pembahasan tentang cara detoks keuangan agar kondisi finansial Anda tetap sehat. Jika selama ini Anda memiliki kebiasaan menghamburkan uang dan ingin mengubahnya, maka kegiatan ini bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.