Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Pasca Pandemi

5 Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Pasca Pandemi

Pandemi membuat segala aspek menjadi berubah, termasuk keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika ingin menarik hati perusahaan, maka Anda harus menguasai beberapa keterampilan di bawah ini agar bisa diterima langsung atau setidaknya turut dipertimbangkan:

1. Tech Savvy

Pengetahuan teknologi merupakan hal yang sangat dibutuhkan di masa pandemi. Anda akan menjadi sosok yang bisa diandalkan bila mampu menguasai berbagai tools, apalagi sekarang karyawan dipaksa untuk menjaga jarak sementara bisnis tetap harus berjalan.

Hal ini tentunya tidak mudah bagi sebagian perusahaan. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang teknologi, maka akan diberikan tugas untuk mengelola beberapa tools, seperti video conference dan beragam tools lainnya terkait pekerjaan.

Penguasaan teknologi tersebut telah diberlakukan secara luas. Dewasa ini, orang-orang dituntut untuk mampu mengaplikasikannya dengan baik dan benar. Jika Anda termasuk orang yang mampu menguasai teknologi, maka pastinya akan diperhitungkan.


2. Literasi Data

Segala sesuatu di zaman revolusi industri 4.0 sudah dialihkan menjadi data yang mudah di-input ke dalam sistem canggih. Data yang di-input ke dalam sebuah sistem biasanya sangat akurat sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui pertumbuhan bisnis.

Proses input data ini tidak mudah, apalagi jika perusahaan tidak memiliki orang yang paham akan kegunaan dan cara menganalisis data. Nah, ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Kemungkinan, perusahaan akan menganggap Anda sebagai anak emasnya karena belum banyak karyawan yang memiliki kemampuan literasi data di masa sekarang. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda jika ada perusahaan yang menyediakan lowongan untuk literasi data.

3. Media Sosial dan Digital Marketing

Kemampuan untuk mengoperasikan media sosial dan digital marketing memang sudah banyak dicari sebelumnya. Akibat adanya pandemi secara global, kebutuhan akan karyawan yang mampu mengoperasikan media sosial dan digital marketing meningkat drastis.


Bukan tanpa alasan, hampir seluruh penduduk dunia kini melakukan aktivitas di dalam rumah untuk menghindari paparan virus Covid-19. Oleh karena itu, segala sesuatu kebanyakan dilakukan melalui jaringan internet, bahkan berbelanja pun juga demikian.

Nantinya, mereka bertugas untuk menarik hati konsumen dengan promosi melalui media sosial atau secara digital. Pasalnya, sebagian besar perusahaan akhir-akhir ini telah mengalihkan kegiatan kampanyenya ke dalam bentuk digital.

4. Coding atau Pengembangan Web

Coding atau kemampuan dalam pengembangan web juga sangat dicari-cari oleh perusahaan. Sebab, layanan bisnis sekarang ini mengarah ke teknologi, seperti website dan aplikasi. Dengan begitu, keberadaan ahli di bidang pemrograman sangat dibutuhkan.

5. Mau Belajar

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, maka harus belajar dan berlatih. Tidak perlu semuanya, Anda cukup memilih salah satu saja yang sekiranya memang benar-benar tertarik.


Setiap orang yang sekarang dianggap ahli, awalnya mereka juga belajar dan berlatih secara disiplin. Anda pun akan menjadi ahli di bidang yang sedang ditekuni sekarang. Jadi, jangan malas untuk belajar dan berlatih, ya!

Demikianlah penjelasan mengenai 5 keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan pasca pandemi. Untuk menarik minat perusahaan, Anda memang harus memiliki keterampilan. Belakangan ini muncul berbagai macam kursus online yang bisa Anda daftarkan.

Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.