Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri di Lingkungan Kerja?

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri di Lingkungan Kerja?

Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda satu sama lain. Masing-masing potensi akan menjadi peluang besar apabila dikembangkan dengan baik. Bagi Anda yang ingin mengembangkan potensi diri di lingkungan kerja, berikut ini adalah tips-nya:

1. Mengenal Diri Sendiri

Mustahil rasanya untuk mengembangkan potensi diri sementara Anda belum mengenali diri sendiri. Pengenalan diri merupakan hal yang mudah, di mana Anda harus mengetahui apa yang tidak diketahui dan apa yang diketahui.

Sederhananya, Anda harus mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan kelebihan tersebut menjadi lebih baik lagi dan belajar mengenai kekurangan tersebut agar menjadi lebih berkembang lagi.

Latihan untuk mengenal diri sendiri akan melibatkan refleksi yang menuntut pandangan dari orang di sekitar Anda. Mintalah penilaian atau umpan balik dari lingkungan kerja supaya Anda bisa memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan.


2. Rajin Belajar

Rajin belajar yang dimaksud adalah berani dan senantiasa mempelajari hal-hal baru. Biasanya, ini dilakukan oleh mereka yang memiliki rasa penasaran berlebihan dan tertarik dengan sebuah tantangan baru.

Ada sebagian orang yang berpikir bahwa ketika sudah mendapatkan pekerjaan bukan lagi waktunya untuk belajar. Padahal, sejatinya pembelajaran tidak akan pernah berakhir. Semakin Anda menempati lingkungan baru, semakin banyak pula sesuatu yang harus dipelajari lebih lanjut.

Apalagi dunia yang kini berubah semakin canggih, jika Anda tidak mau belajar maka bersiaplah untuk terus tertinggal. Saat ini ilmu sangat mudah didapatkan, sehingga tidak ada alasan untuk malas belajar mengenai sesuatu yang baru.

Anda bisa mengakses segala macam informasi melalui jaringan internet, di mana hanya membutuhkan smartphone atau laptop. Selebihnya tinggal bagaimana sikap Anda terhadap mudahnya akses dalam segala bidang ini.


3. Karakter Kepemimpinan

Ketika ingin mengembangkan potensi diri, Anda harus menunjukkan karakter kepemimpinan yang kuat. Karyawan perusahaan yang menunjukkan karakter leadership yang mumpuni akan dinilai sebagai seseorang yang kemampuannya di atas rata-rata.

Kinerja karyawan yang memiliki karakter kepemimpinan tentu saja berbeda dengan karyawan biasa. Pemimpin yang hebat bersedia untuk melakukan beberapa hal untuk orang lain tanpa harus memperhatikan keuntungan bagi dirinya sendiri.

4. Semangat Juang

Karyawan dengan potensi diri yang tinggi tidak akan pernah merasa kecewa dan cepat menyerah. Mereka cenderung mencari sesuatu yang mengakibatkan sebuah kegagalan pada kinerjanya. Sebab, mereka meyakini bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Hampir seluruh ahli di bidang tertentu pasti pernah merasakan yang namanya kegagalan. Apabila Anda mengalaminya, maka jangan cepat berputus asa karena sesungguhnya kegagalan itulah yang membuat seseorang menjadi semakin lebih dewasa.


5. Apresiasi Diri

Bentuk apresiasi diri bisa beragam. Jika Anda lebih semangat ketika mengapresiasi diri dengan sebuah hadiah, maka berikan sesuatu untuk diri sendiri saat berhasil meraih keinginan. Dengan begitu, Anda akan mudah meningkatkan kemampuan diri yang berpotensi untuk dikembangkan.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara mengembangkan potensi diri di lingkungan kerja. Sebenarnya, mengembangkan potensi diri di lingkungan kerja tidaklah susah. Namun, semua itu membutuhkan kegigihan dan kerja keras yang berkelanjutan.

Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.