Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

Keberadaan teknologi semakin mempermudah siapa pun untuk bisa mendapatkan uang secara praktis. Umumnya, blog digunakan untuk menyalurkan hobi. Namun, semakin kemari orang-orang menjadikannya sebagai ladang rezeki.

Dengan begitu, blog tidak hanya sebagai tempat untuk memanifestasikan hobi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai sebuah pekerjaan. Dewasa ini, jaringan internet pun tidak sulit untuk didapatkan sehingga memudahkan Anda saat menjalankan aktivitas blogging.

Banyak Blogger yang Berhasil

Blog merupakan salah satu alternatif untuk menyalurkan setiap ide yang dimiliki. Bagi yang senang menulis, Anda bisa menuangkan ide-ide tersebut ke dalam blog. Katakanlah gemar memasak, Anda bisa menulis tentang resep masakan yang telah dipelajari.

Anda tidak perlu ragu untuk memulainya karena saat ini sudah banyak blogger yang mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Walaupun masih pemula, Anda juga berkemungkinan untuk sukses seperti para blogger yang lainnya.

Membuat Konten Blog Sesuai Kesukaan

Sebaiknya, Anda mempertimbangkan terlebih dahulu niche apa yang ingin Anda tekuni, apakah itu tentang keuangan, kuliner, atau sebagainya. Ini sangat krusial dalam dunia blogging sebelum Anda terjun ke dalamnya secara profesional.


Sebab, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mecari ide konten. Selain itu, blog Anda juga akan dikenal oleh pembaca sebagai blog yang menyajikan informasi yang spesifik di bidang tertentu. Jadi, niche bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk membangun brand blog Anda.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Lazimnya, seorang blogger baru mulai menghasilkan setelah enam bulan atau lebih. Setelah mengetahui fakta tesebut, apakah Anda masih tetap tertarik menjadi seorang blogger? Jika masih tetap bersikukuh ingin menjadi seorang blogger, maka simak ulasan di bawah ini:

1. Memilih Platform yang Tepat

Anda perlu memilih platform yang tepat untuk mengunggah konten blog. Anda bisa menggunakan Blogspot, Wordpress, dan sebagainya. Dari sekian banyak platform yang ada, alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurang dari masing-masing platform tersebut.

2. Membuat Nama Domain

Selanjutnya, Anda harus menentukan nama domain. Nama domain wajib disesuaikan dengan niche blog Anda. Dalam pemilihan nama domain, Anda dianjurkan untuk menggunakan nama yang kreatif dan brandable supaya mudah diingat oleh para pengunjung.

3. Membuat Blog yang Menarik

Setelah dikonfigurasi, Anda mengkreasikan desain blog agar terlihat lebih menarik. Tentunya, desain yang Anda pilih mesti sesuai dengan konten blog. Lalu, Anda bisa memilih beragam template yang telah disediakan oleh developer-nya, baik gratis maupun berbayar.

4. Konten yang Bermanfaat dan Menarik

Selain itu, Anda juga perlu menciptakan konten-konten yang bisa memberikan manfaat kepada para pembaca. Dengan begitu, konten Anda akan menjadi solusi dari masalah setiap orang. Untuk membuat konten semacam ini memang tidak mudah. 

Anda harus rajin membaca sehingga akan mengetahui apa saja masalah yang dialami oleh target audiens. Anda dapat menggunakan Quora dan Yahoo! Answers yang mana kedua situs tersebut memuat banyak pertanyaan dari berbagai bidang.

5. Menargetkan Pembaca

Tidak hanya sampai di situ, Anda harus menargetkan pula siapa pembacanya. Dalam hal ini, Anda perlu mengeluarkan sejumlah budget untuk iklan guna meningkatkan brand awareness karena persaingan di search engine sangatlah ketat akhir-akhir ini.

6. Menciptakan Kedekatan dengan Pembaca

Berinteraksi dengan pembaca blog sangatlah penting. Anda mesti menyempatkan sedikit waktu untuk bercengkerama dengan para pembaca melalui kolom komentar. Hal ini akan menciptakan sebuah kedekatan yang baik antara pembaca dan blogger itu sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang cara mendapatkan uang melalui blog. Setelah menerapkan semua poin di atas, sekarang Anda tinggal menentukan bagaimana metode monetisasinya, apakah dengan Google Adsense, Affiliate Marketing, atau sebagainya.

Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.