Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di PC yang Dapat Digunakan Gratis

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di PC yang Dapat Digunakan Gratis

Situsekonomi.com - Jika Anda mencari aplikasi edit video di PC secara gratis, maka kini Anda telah menemukannya dengan tepat. Pasalnya, berikut ini penulis akan memberikan beberapa ulasan singkat mengenai rekomendasi tepat dari aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

Aplikasi Edit Video di PC Gratisan 

Berikut ini adalah beberapa macam jenis aplikasi edit video yang dapat Anda gunakan di PC secara gratis atau tidak berbayar:

• Adobe Premiere Pro 

Adobe premiere pro adalah salah satu aplikasi edit video yang cukup terkenal dan bahkan banyak digunakan orang. Selain menyediakan fitur editing yang cukup lengkap, aplikasi ini juga menyediakan kebutuhan editing Anda secara sederhana. Kelebihan dari aplikasi atau software PC yang satu ini adalah keberadaannya yang dapat digunakan untuk mengedit video dengan kualitas tinggi.


• VirtualDub

Untuk aplikasi edit video gratisan lainnya yang dapat Anda gunakan adalah VirtualDub. Jenis aplikasi atau software yang satu ini dikenal dengan ukurannya yang kecil serta sistem pengoperasian sederhana. Selain itu, aplikasi VirtualDub juga memungkinkan Anda untuk melakukan rekam layar. Karena itulah aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat video tutorial yang dilakukan melalui layar PC dan lainnya.

• AVS Video Editor

Aplikasi edit video selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah AVS Video Editor. Jenis aplikasi yang satu ini dikenal dengan ukurannya yang ringan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki keunggulan karena dilengkapi dengan bagian video cache, sehingga dapat melakukan proses editing untuk jenis video full HD.

• Windows Movie Maker

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan dengan mudah adalah windows movie maker. Jenis aplikasi yang satu ini hanya ditujukan bagi Anda yang menggunakan PC dengan basis windows. Meski demikian, tampilan interface-nya sangat simple dan sederhana, sehingga cocok untuk digunakan para pemula.


• Pinnacle Studio

Pinnacle studio dikenal sebagai aplikasi untuk edit video di layar PC bagi pemula. Hal ini berkaitan dengan sistem kerjanya yang sederhana, sehingga dapat digunakan dengan mudah. Tidak hanya itu, fitur yang dimilikinya pun terbilang lengkap, sehingga Anda dapat berkreasi sebaik mungkin sesuai dengan tampilan video yang Anda inginkan.

Tips Memilih Aplikasi Edit Video di PC

Setelah melihat beberapa rekomendasi dari aplikasi video yang dapat Anda pilih dan gunakan di bagian atas tadi, ada baiknya jika Anda juga mempertimbangkan hal di bagian bawah ini sebelum memilih serta menggunakannya. Berikut di antaranya:

• Pilih Jenis Aplikasi

Tidak semua jenis aplikasi edit video dapat digunakan di layar PC. Karena itulah jika proses editing hendak dilakukan di layar komputer atau PC, maka pastikanlah untuk memilih aplikasi atau software yang dapat Anda pasang pada PC Anda dengan mudah.

• Lihat Ukuran Aplikasi

Bagian selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah melihat ukuran aplikasi. Apakah ukuran yang dimilikinya besar atau kecil. Karena selain mempengaruhi kinerja atau performa pada PC Anda, ukuran juga dapat menunjukkan tingkat kelengkapan fitur yang dimilikinya.

• Perhatikan Fitur yang Dimilikinya

Selanjutnya, pastikan Anda memilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap atau sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan demikian, proses editing pun dapat dilakukan dengan lancar meskipun hanya menggunakan satu aplikasi saja.

• Gratis atau Tidak

Hal paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melihat apakah aplikasi yang hendak Anda gunakan tersebut tersedia secara gratis atau justru berbayar. Pasalnya jika aplikasi tersebut berbayar, maka Anda harus menjadi member dan berlangganan terlebih dahulu sebelum kemudian Anda dapat menggunakan layanan yang dimilikinya dengan lebih puas.

Keuntungan dari Editing Video

Dari penjelasan di bagian atas tadi, Anda dapat melihat baragam rekomendasi tepat untuk aplikasi edit video yang dapat Anda gunakan dan tips memilihnya. Sementara itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan editing video yang Anda lakukan. Keuntungan tersebut di antaranya adalah:
  • Mengasah skill atau kemampuan edit video
  • Dapat menghasilkan video sesuai dengan apa yang Anda inginkan 
  • Bisa menghasilan uang dengan menyediakan jasa edit video.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari kami mengenai aplikasi edit video yang dapat digunakan di PC secara gratis. Semoga informasi yang sedikit ini bermanfaat buat kita semua!
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.