Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Penyesuaian Strategi Keuangan di Masa New Normal!

Pentingnya Penyesuaian Strategi Keuangan di Masa New Normal!

Penyesuaian keuangan di masa new normal penting untuk dilakukan. Sebab, ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi di masa genting seperti sekarang ini. Selain menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, Anda harus memastikan pula bahwa keuangannya tetap sehat.

Strategi Keuangan di Masa New Normal

Anda jangan khawatir terkait permasalahan keuangan di masa new normal karena terdapat beragam strategi yang bisa diterapkan untuk mengatur keuangan dengan baik. Apakah Anda ingin tahu apa saja? Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya:

1. Hidup Hemat

Berhemat menjadi strategi pertama yang mesti Anda jalankan. Di masa krisis ini, setiap kebutuhan tetap harus terpenuhi meskipun kondisi keuangan agak sedikit pincang. Oleh karena itu, hidup hemat merupakan hal yang paling utama untuk Anda lakukan.

2. Memperkuat Dana Darurat

Jika sebelumnya dana darurat hanya dipersiapkan sekedar saja, maka untuk sekarang ini sebaiknya diperkuat dengan jumlah yang lebih besar. Adanya dana darurat yang lebih banyak dapat mengatasi permasalahan yang mungkin timbul secara tidak terduga.

3. Menyusun Ulang Terkait Pengeluaran Dana

Pengeluaran dana adalah langkah berikutnya yang harus Anda atur ulang. Pasalnya, pengeluaran dana di masa pandemi jelas berbeda dibandingkan hari biasanya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur kembali anggarannya.

4. Melakukan Investasi

Investasi merupakan strategi yang tepat untuk Anda lakukan sejauh ini. Dengan investasi, Anda pun bisa sekaligus belajar menabung dengan lebih mudah. Selain itu, investasi juga dapat mengatasi permasalahan ekonomi di masa mendatang.


5. Lengkapi Diri dengan Asuransi

Strategi terakhir yaitu mengikuti layanan asuransi, baik itu asuransi jiwa ataupun kesehatan. Dengan begitu, permasalahan keuangan yang berkaitan dengan kesehatan dan jiwa bisa terlindungi. Namun, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu cara daftar asuransi agar ke depannya tidak merasa dirugikan.

Hal yang Harus Anda Hindari dari Strategi Keuangan

Setelah mengetahui apa saja strategi keuangan di masa new normal, selanjutnya Anda juga perlu tahu apa saja yang harus dihindari supaya strategi keuangan tersebut bisa tertata dengan rapi. Untuk lebih jauh, Anda dapat menyimak ulasannya berikut ini:

1. Jangan Berutang

Berutang adalah hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan pada saat mengatur strategi keuangan. Pasalnya, Anda harus membayarnya di kemudian hari yang artinya telah memangkas pendapatan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Tindakan yang satu ini merupakan pemborosan karena Anda menginginkannya bukan karena kebutuhan sehingga tidak memiliki nilai fungsi yang baik. Seandainya saja berhenti dari kebiasaan buruk tersebut, Anda telah menyimpan banyak uang, bukan?

Manfaat Mengatur Strategi Keuangan dengan Baik

Sejauh ini, Anda sudah mengetahui banyak hal terkait strategi keuangan di masa new normal. Dengan mengikuti strategi keuangan di atas, tentunya ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan, yakni sebagai berikut:

1. Mengatur Pola Hidup Hemat

Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan seketika adalah hidup lebih hemat. Dengan mengatur strategi keuangan, Anda bisa menerapkan pola hidup hemat dengan lebih mudah, sehingga setiap pengeluaran dapat terkontrol dengan baik.

2. Melatih Hidup Lebih Teratur

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda rasakan ialah kehidupan yang lebih tertib dan teratur. Sebab, setiap pengeluaran bisa Anda pastikan berapa jumlahnya. Di samping itu, Anda juga bisa menahan keinginan demi kebutuhan hidup sehari-hari.

3. Menghindari Stres

Dengan strategi keuangan yang benar, Anda akan terhindar dari yang namanya stres. Anda tidak akan menghadapi permasalahan keuangan yang membuat pusing karena semuanya telah tersusun rapi sehingga enggan untuk berutang.

4. Rencana Masa Depan yang Lebih Baik

Pengaturan keuangan yang baik juga dapat membantu Anda untuk menentukan masa depan yang lebih cerah. Dalam hal ini, Anda bisa menentukan keinginan yang hendak diwujudkan di masa depan dengan lebih mudah, seperti membeli kendaraan, tempat tidur, dan kebutuhan sekunder lainnya.

5. Perlindungan dari Hal yang Tidak Terduga

Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan adalah perlindungan dari hal-hal yang tidak terduga. Andai kata terjadi sesuatu yang mengharuskan untuk mengeluarkan sejumlah uang yang relatif besar, Anda tidak perlu berutang karena sudah menyediakannya dari hasil dana darurat yang telah disimpan.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya penyesuaian strategi keuangan di masa new normal. Di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini, Anda memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jangan sampai lupa bahwa kondisi dompet Anda pun harus tetap sehat.

Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.